Benarkah Suhu Panas Bisa Bikin Berat Badan Turun?

panas-doktersehat
Photo Source: Flickr/eekim

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar cerita tentang orang yang rajin melakukan terapi sauna di dalam ruangan dengan suhu panas yang akhirnya mengalami penurunan berat badan. Sebenarnya, apakah memang suhu ruangan yang panas bisa membantu proses penurunan berat badan? Berikut adalah fakta-faktanya.

Kaitan Antara Suhu Udara dengan Berat Badan

Penelitian dilakukan oleh Dr. Michael Daly dari University of Stirling, Inggris untuk mengetahui hal ini. Ia menyebut berada di dalam suhu ruangan yang dingin bisa meningkatkan risiko stroke. Hanya saja, jika kita berada di ruangan dengan suhu yang cenderung hangat, maka berat badan bisa saja akan ikut menurun.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya di 100 ribu rumah yang ada di Inggris, dihasilkan fakta bahwa penghuni rumah yang tinggal di dalam ruangan dengan suhu lebih dari 23 derajat Celcius cenderung memiliki berat badan yang lebih kurus.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang cenderung lebih banyak mengeluarkan keringat dan menggunakan energi demi menjaga suhu tubuh tetap normal. Dr. Daly juga menyebut suhu panas cenderung menurunkan selera makan sehingga kita pun akan mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih sedikit.

Hanya saja, apa yang diungkap oleh Dr. Daly kemudian dibantah oleh Tam Fry dari England National Obesity Forum. Menurutnya, lingkungan dingin justru bisa membantu membakar kalori lebih banyak karena tubuh berusaha untuk mempertahankan suhu internal tubuh.

Penelitian lain yang dilakukan di Maastricth University Medical Center, Belanda juga menyebut suhu ruangan yang cenderung dingin akan membuat kita lebih mudah menurunkan berat badan.

Menurut penelitian ini, suhu ruangan sekitar 19 derajat Celcius dianggap cukup untuk membantu menjaga penggunaan energi tubuh. Bahkan, jika suhu udara lebih dingin, pembakaran kalori akan berlangsung lebih banyak demi menghangatkan tubuh sehingga akan membantu menurunkan berat badan.

Hanya saja, peneliti utama Wouter van Marken Lichtenbelt menyebut dampak penurunan berat badan ini baru bisa didapatkan jika kita juga menerapkan pola makan lebih sehat dan rajin berolahraga.

Berbagai Cara Unik Untuk Menurunkan Berat Badan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara unik yang bisa kita lakukan demi menurunkan berat badan selain dengan mengatur suhu ruangan.

Berikut adalah berbagai cara tersebut.

  1. Mengatur Asupan Air Minum

Pakar kesehatan menyebut asupan air putih sehari-hari bisa mempengaruhi berat badan kita. Sebagai contoh, kita bisa mulai rajin mengonsumsi air lemon di pagi hari demi membuat sistem metabolisme meningkat. Selain itu, sebaiknya kita minum air putih sebelum menyantap makan siang demi menjaga porsinya agar tidak berlebihan.

Kita juga diminta untuk mengonsumsi air putih sebelum dan setelah makan malam demi mendukung kinerja pencernaan dan menjaga berat badan.

  1. Mencium Aroma Apel dan Pisang Sebelum Makan

Meskipun terlihat sebagai sesuatu yang konyol, pakar kesehatan menyebut mencium aroma buah pisang serta apel sebelum mengonsumsi makanan bisa membuat kita tidak berlebihan dalam makan. Hal ini tentu akan membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

  1. Memakai Lilin Aroma Terapi

Kita bisa menyalakan lilin aroma terapi dengan aroma vanilla setelah makan. Aroma ini disebut-sebut bisa meningkatkan fungsi otak yang akhirnya membantu mencegah keinginan ngemil tidak sehat.

  1. Memilih Piring Warna Biru

Piring warna biru disebut-sebut bisa membantu kita menjaga porsi makanan agar tidak berlebihan dan lebih mudah merasa kenyang.

  1. Makan Telur Saat Sarapan

Makan telur saat sarapan dan mengonsumsi makanan dengan rasa yang pedas saat makan siang bisa membuat sistem metabolisme tubuh meningkat dan akhirnya membantu menurunkan berat badan.

 

Sumber:

  1. Daly, Michael. 2013. Stirling study finds link between warm homes and low body fat.ac.uk/news/2013/11/stirlingstudyfindslinkbetweenwarmhomesandlowbodyfatlevels/. (Diakses pada 6 September 2019).
  2. Gholipour, Bahar. 2014. Cold Air Could Help You Lose Weight. livescience.com/42764-temperature-training-lose-fat. (Diakses pada 6 September 2019).