DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar saran dari orang tua yang meminta kita untuk tidak duduk di atas lantai yang dingin karena bisa membuat kita mengalami perut mulas atau diare. Dalam realitanya, sebagian orang bahkan percaya jika suhu udara yang dingin bisa memicu masalah pencernaan. Sebenarnya, apakah memang suhu dingin bisa memberikan efek ini?

doktersehat gangguan perut saat puasa

Menurut pakar kesehatan, suhu udara yang dingin sebenarnya tidak akan menyebabkan perut mulas atau bahkan diare. Hanya saja, sebagaimana kita ketahui, kondisi psikologis seseorang bisa ikut mempengaruhi kondisi kesehatan fisik, termasuk menyebabkan sensasi mulas. Sebagai contoh, ada orang yang cenderung lebih stres saat hujan atau bahkan mulas saat gugup atau grogi sebelum melakukan presentasi.

Contoh lain dari kondisi psikologis yang bisa mempengaruhi kesehatan kita adalah sulitnya untuk buang air besar saat berada jauh dari rumah. Bahkan, meskipun perut sudah berada dalam kondisi tidak nyaman, tetap saja kita kesulitan untuk buang air besar saat berada di toilet yang ada di dalam hotel atau tempat bersih lainnya.

Jika secara psikologis kita juga percaya bahwa suhu dingin bisa memicu perut mulas, maka kita pun akan cenderung mudah mengalami gejala ini saat suhu udara semakin menurun.

Melihat adanya fakta ini, bisa dipastikan bahwa suhu dingin tidak memicu perut mulas. Hanya saja, jika kita tetap saja mengalaminya saat suhu udara menurun, maka hal ini juga tidak perlu dikhawatirkan asalkan tidak menyebabkan efek kesehatan lainnya. Jika kita tidak ingin mudah mengalami masalah perut mulas, maka kita bisa memakai pakaian lebih tebal dan selimut saat tidur sehingga tidak mudah kedinginan.