Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika biasanya kita hanya mengenal vitamin A, B, C, D, E dan K, maka tentu kita akan heran jika ada vitamin H. Apakah vitamin H itu?

Sudah Tahu Ada Vitamin H?

Vitamin H sebenarnya adalah vitamin B7 atau yang kerap disebut biotin. Pakar kesehatan mikronutrien dari Jerman, Uwe Grober, menyebutkan bahwa biotin atau vitamin H ini merupakan bagian dari vitamin B yang memiliki koenzim tertentu.

Manfaat Vitamin H

Vitamin H kerap dikaitkan dengan kesehatan kulit, kuku dan rambut. Hal ini bisa jadi berkaitan dengan fungsi dasar dari vitamin H adalah mengatur enzim utama dalam proses metabolisme dasar tubuh. Selain itu vitamin H juga mengatur sintesis asam lemak serta pengaturan glukosa dalam tubuh.

Akibat Kekurangan Vitamin H

Hal tersebutlah yang membuat apabila kita kekurangan asupan vitamin H ini rambut dan kuku akan mudah rontok dan rapuh sedangkan kulit akan kering, bersisik hingga muncul bintik merah serta peningkatan kolesterol dan gangguan jantung.

Sumber Vitamin H

Kebutuhan harian vitamin H tubuh sangat kecil. Kebutuhan harian vitamin H pada orang dewasa adalah sebesar 30 mcg per hari. Menurut WebMD, umumnya vitamin H dapat dipenuhi dengan pemilihan bahan makanan yang bervariasi melalui penerapan pola makan sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Beberapa pilihan bahan makanan yang mengandung vitamin H antara lain bunga kol, ikan salmon, wortel, pisang, tepung kedelai, sereal dan ragi.

Pada beberapa kondisi, asupan vitamin H tidak tercukupi membuat diperlukannya suplemen vitamin H. Kondisi yang memerlukan konsumsi suplemen vitamin H adalah: kelainan genetik, gangguan kulit pada bayi dan operasi di bagian pencernaan.

Nah, itu dia ulasan mengenai vitamin H. Jadi kini Anda sudah tahu ya apa itu vitamin H, manfaat, dan sumber vitamin H. Kira-kira, sudahkah Anda mengonsumsi makanan sumber vitamin H hari ini?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi