Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pekerjaan yang membutuhkan interaksi secara langsung dengan orang lain, mau tidak mau mengharuskan Anda untuk selalu menjaga kesegaran mulut agar tidak menciptakan aromatak sedap. Sebab, bau mulut dapat mengurangi rasa percaya seseorang. Seringkali, mereka akan mencegahnya dengan berbagai cara, salah satunya adalah rajin menggosok gigi.

Sudah Rajin Menggosok Gigi tapi Mulut masih Bau? Ini Penyebabnya!

Akan tetapi, cara yang Anda lalukan tersebut tidak serta merta langsung membuat Anda bebas dari bau mulut. Terkadang, bau mulut tersebut masih ada meskipun Anda telah rajin menggosok gigi. Lantas, apa yang bisa menyebabkan bau mulut?

  • Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab bau mulut. Ketika Anda sedang mengonsumsi makanan, sisa makanan tersebut akan menyangkut pada gigi yang berlubang. Apabila Anda malas menggosok gigi, terlebih lagi setelah makan, maka makanan yang menyangkut tersebut akan membusuk dan menjadi sarang bakteri. Hal itulah yang menyebabkan bau mulut menghampiri Anda. Untuk itu, jika gigi Anda berlubang, segeralah untuk menambalnya.

  • Gigi Palsu

Jika salah satu gigi Anda lepas, pasti Anda akan menggantinya dengan gigi palsu agar tidak mengganggu penampilan Anda. Akan tetapi, gigi palsu yang tidak dirawat secara rutin dan teratur dapat menyebabkan bau mulut. Gigi palsu harus selalu dikontrol secara rutin oleh dokter karena dapat menjadi tempat bersarangnya kuman. Dengan begitu, bau tidak sedap dari dalam mulut akan keluar akibat kuman tersebut.

  • Lidah Kotor

Selain gigi, lidah juga harus senantiasa dijaga kebersihannya. Meskipun Anda sudah rajin menggosok gigi tapi mulut Anda masih mengeluarkan bau mulut ynag kurang sedap, itu tandanya lidah Anda belum bersih. Oleh sebab itu, ketika sedang menggosok gigi, sebaiknya lidah juga dibersihkan secara berkala agar terhindar dari bau mulut.

  • Penyakit Sistemik

Gigi dan lidah sudah dibersihkan dengan benar, namun bau mulut masih saja datang. Hal ini bisa saja disebabkan oleh penyakit sistemik, yakni infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan bau mulut.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi