Sudah Rajin Gosok Gigi Tapi Kok Gigi Masih Kuning? Ternyata Ini Penyebabnya

doktersehat-sikat-gigi

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika asalkan sudah menggosok gigi dengan rutin dua kali dalam sehari, maka gigi kita akan terlihat lebih putih sehingga akan membuat senyum menjadi semakin menawan. Sayangnya, meskipun kita sudah rajin melakukannya, gigi kita seringkali tetap saja masih tetap berwana kekuningan. Ternyata, hal ini disebabkan oleh beberapa kebiasaan sehari-hari kita berikut ini.

Hobi minum teh dan kopi
Teh dan kopi termasuk dalam minuman yang bisa memberikan kenikmatan luar biasa. Sayangnya, kedua minuman ini memiliki kandungan tannin yang bisa mengubah warna enamel atau lapisan terluar gigi.

Hobi merokok
Mereka yang hobi merokok memang cenderung memiliki gigi berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin yang ada dalam rokok yang bisa membuat mulut menjadi lebih asam. Tak hanya itu, nikotin akan menempel pada elemen terluar gigi sehingga akhirnya mengubah warnanya menjadi kekuningan.

Suka mengkonsumsi minuman berenergi
Sebuah penelitian menghasilkan fakta dimana kebiasaan mengkonsumsi minuman berenergi ternyata memang bisa membuat gigi menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh kandungan minuman berenergi yang cenderung asam dan merusak enamel gigi. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak lagi mengkonsumsi minuman ini dan menggantinya dengan minuman air putih yang jauh lebih sehat.

Kebiasaan ngemil sebelum tidur
Cukup banyak orang yang terbiasa ngemil sebelum tidur, apalagi jika perut tiba-tiba saja terasa lapar atau kita membutuhkan camilan sembari menonton acara televisi atau drama favorit. Sayangnya, kebiasaan ini akan membuat warna gigi berubah. Hal ini disebabkan oleh produksi air liur yang cenderung lebih lambat di malam hari, khususnya saat tidur, yang tentu akan membuat proses pembersihan sisa makanan pada gigi secara alami menjadi tidak maksimal.