DokterSehat.Com– Anda sudah pernah dengar diet mediterania? Dari namanya sepertinya diet ini tidak setenar jenis diet yang banyak kita dengar. Namun diet ini cukup banyak di bahas dalam berbagai studi, dan beberapa pembahasan menunjukkan bahwa komposisi diet ini dapat dipertimbangkan untuk mendukung kondisi kesehatan yang baik.

doktersehat-diet-apel-roti-gandum-salad

Diet mediterania adalah pengaturan makan yang berdasarkan kebiasaan atau pola makan tradisional di negara mediterania. Negara mediterania adalah kelompok negara yang berada di sekitar laut mediterania termasuk beberapa negara Eropa. Pola makan tradisional masyarakat mediterania adalah menggabungkan beberapa kebiaasan sehat dikombinasikan dengan pemilihan jenis dan jumlah makanan yang cukup baik.

Diet mediterania disebut-sebut diet yang mudah diterapkan dan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Berdasarakan penelitian yang dilakukan oleh Yale University School of Public Health di Inggris, diet mediterania terbukti memberikan manfaat untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Menurut Katsilambors, dalam bukunya disebutkan bahwa melalui Piramida Diet Mediterania kita dapat menerapkan pola makan yang sehat dengan:

  • Melakukan kegiatan yang aktif

Pada dasar piramida diet, hal paling dasar yang mendukung pola makan yang baik adalah kita bergerak aktif serta menikmati makan bersama orang lain. Dengan ini kita dapat menikmati makanan yang kita makan dengan lebih baik.

  • Makanan yang berasal dari tumbuhan

Diatas piramida kegiatan aktif, terdapat piramida makanan yang berasal dari tumbuhan yang boleh dikonsumsi dalam proporsi yang cukup banyak. Misalnya buah, sayur, makanan pokok dalam bentuk utuh seperti gandum utuh, kacang-kacangan, herba dan rempah-rempah. Pada poin ini dijelaskan bahwa diet ini juga menerapkan penggunaan minyak yang rendah lemak jenuh seperti olive oil.

  • Konsumsi makanan laut

Piramida yang semakin mengecil diatas piramida makanan dari tumbuhan, adalah makanan yang berasal dari laut yaitu ikan dan hasil laut lainnya. Dari bahan makanan ini kita dapat memperoleh asupan minyak dalam jenis yang baik yaitu omega-3.

  • Makanan dari unggas atau olahannya

Piramida dnegan proporsi yang cukup kecil adalah bahan makanan dari unggas seperti ayam atau telur. Dianjurkan dalam porsi yang sedang dan kurang lebih dikonsumsi satu kali dalam dua hari. Namun untuk susu, keju dan yoghurt boleh dikonsumsi lebih sering.

  • Membatasi daging dan makanan manis

Puncak piramida diet mediterania adalah membatasi makanan manis dan asupan daging merah.

Diet mediterania terbukti memberikan manfaat secara klinis untuk kondisi kesehatan tubuh kita. Bagaimana apakah anda tertarik mencoba diet mediterania?