Terbit: 22 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tubuh yang lelah dan mengantuk memang lebih baik segera dibawa ke tempat tidur agar bisa segera terlelap, namun terkadang kita justru tidak bisa segera terlelap meski tubuh sebenarnya sudah sangat membutuhkannya. Sebenarnya, apa yang menyebabkan hal ini?

Sudah Ngantuk Tapi Susah Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Penyebab tubuh susah tidur meski sudah kelelahan

Banyak orang yang mengamini anggapan bahwa tubuh yang terlalu lelah memang bisa membuat kita sulit untuk tidur, namun menurut pakar kesehatan, sebenarnya penyebab dari hal ini adalah beberapa aktivitas yang kita lakukan atau kondisi ruangan yang kita tempati.

Berikut adalah beberapa penyebab susah tidur saat tubuh sebenarnya sudah kelelahan.

  1. Minum kopi sebelumnya

Kafein di dalam kopi memang dikenal luas sebagai penyebab datangnya masalah susah tidur. Apalagi jika kita meminumnya dalam jumlah yang cukup banyak. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsinya sekitar enam jam sebelum tidur, maka kita akan lebih berisiko terkena masalah susah tidur meski kita sudah sangat lelah.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Science Alert, disebutkan fakta bahwa minum kopi akan memicu gangguan keseimbangan hormon adesonin, hormon yang mempengaruhi kemampuan kita dalam tertidur. Selain itu, kafein juga bisa mengacaukan riteme sirkadian atau jam biologis tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Kondisi kamar yang tidak nyaman

Jika kamar tidur terasa tidak nyaman, berantakan, panas, berisik, dan terlalu terang, maka kita akan mengalami kesulitan untuk terlelap. Bahkan, seandainya kita sudah bisa terlelap, ada kemungkinan tidur tidak nyenyak atau kita akan menjadi lebih sering terbangun. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengondisikan kamar menjadi lebih sejuk, lebih gelap, dan tidak mudah terkena suara berisik sehingga membantu produksi hormon melatonin yang membuat kita lebih mudah terlelap dan tidur.

  1. Bermain ponsel

Banyak orang yang sengaja mengecek ponsel sebelum tidur setidaknya untuk mengatasi rasa bosan, mencari tahu apa yang terjadi di media sosial, hingga menjawab percakapan dengan rekan atau keluarga. Masalahnya adalah hal ini ternyata sangat tidak disarankan untuk dilakukan saat tubuh sudah kelelahan. Pakar kesehatan menyebut paparan cahaya biru dari layar ponsel akan mengacaukan hormon di dalam tubuh dan membuat kita sulit tidur. Kita pun akan kesulitan untuk terlelap meski tubuh sebenarnya sudah membutuhkan istirahat.

Selain ponsel, televisi atau layar komputer juga bisa menyebabkan dampak yang sama. Hal ini berarti, jika tubuh memang sudah benar-benar lelah, segeralah merebahkan diri ke kasur tanpa memeriksa peralatan elektronik.

  1. Mengalami kondisi kesehatan tertentu

Pakar kesehatan menyebut masalah susah tidur bisa jadi terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius seperti insomnia, anemia, gangguan tiroid, atau bahkan diabetes. Anemia contohnya, tak hanya menyebabkan tubuh lemas, hal ini juga akan membuat gangguan pernapasan. Sementara itu, gangguan tiroid yang bisa membuat tubuh menjadi lebih lemas juga bisa membuat kita mengalami susah tidur.

Pakar kesehatan menyebut masalah susah tidur yang berlangsung cukup lama untuk segera diperiksakan ke dokter karena dikhawatirkan terkait dengan kondisi kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Jangan minum obat tidur

Banyak orang yang kesal dengan kondisi susah tidur ini yang mencari jalan pintas dengan cara mengonsumsi obat tidur. Meski efeknya cukup ampuh membuat kita terlelap, konsumsi obat tidur bisa memicu kecanduan dan justru merusak kemampuan tubuh untuk tidur secara alami.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengondisikan tubuh agar menjadi lebih rileks dengan cara mengonsumsi teh hijau atau mandi air hangat sebelum tidur jika kita mengalami susah tidur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi