Sudah Makan Tapi Masih Lapar? Gunakan Cara ini!

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengalami rasa lapar yang terus-menerus datang walau sehabis makan? Kasus seperti ini memang banyak sekali terjadi. Padahal, perut sudah terisi makanan, tapi rasa kenyang tersebut hanya berlangsung sebentar, tak lama kemudian menjadi lapar lagi. Bahkan, ada yang sampai mengalami lonjakan berat badan yang cukup siginifikan karena masalah ini.

Kondisi seperti itu tentunya tidak baik bagi kesehatan. Sebab, jika tidak cepat ditangani, maka Anda akan mengalami obesitas. Seperti diketahui, obesitas sendiri bisa memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya. Untuk itu, Anda menekan rasa lapar yang terus-menerus datang tersebut. Bagaimana caranya?

Berikut adalah 3 cara menekan rasa lapar yang datang secara terus-menerus:

1. Perbanyak Air Putih

Kekurangan air putih bisa menyebabkan orang menjadi dehidrasi. Lantas, dehidrasi itu sendiri membuat otak mengirimkan sinyal haus dan lapar kepada tubuh sehingga nafsu Anda untuk menyantap makanan atau minuman menjadi tinggi. Untuk itu, perbanyak konsumsi air putih dari sekarnag. Selain itu, air putih juga bisa membuat efek kenyang yang lebih lama.

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen adalah sebuah kebiasan yang sering dilakukan sebagian besar orang, khususnya remaja. Sebuah penelitian membeberkan fakta bahwa mengunyah permen karet selama setengah jam bisa menekan nafsu makan sehingga Anda tidak akan selalu merasa lapar. Cara ini bisa Anda gunakan untuk membuat efek kenyang lebih lama sehingga tidak makan secara terus-menerus.

3. Konsumsi Protein

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh tubuh. Sebab, protein bisa memberikan tenaga serta cadangan energi bagi tubuh Anda. Selain itu, protein juga bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama, maka dari itu makanan yang kaya protein sering direkomendasikan untuk menu sahur.