Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh yang ideal serta proporsional merupakan impian bagi setiap orang, khususnya pria. Apalagi tubuh juga dipenuhi dengan otot-otot yang terbentuk sehingga menjadikan seorang pria terlihat lebih perkasa. Tentunya hal tersebut juga bisa meningkatkan rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Oleh karenanya, banyak pria yang berjuang keras demi membentuk otot pada tubuhnya.

Sudah Latihan Keras, Tapi Otot Tidak Terbentuk Juga? Inilah 3 Alasannya!

Photo Credit : pexels.com

Adapun cara yang paling sering dilakukan adalah berlatih di pusat kebugaran, alias fitnes. Ya, fitnes memang menjadi salah satu rujukan bagi sebagian pria yang ingin membentuk ototnya. Mereka percaya, dengan fitnes yang rutin, maka otot-otot pada tubuh akan terbentuk sempurna dan tubuh pun akan menjadi perkasa layaknya binaragawan.

Namun, tak sedikit pula yang mengalami kegagalan dalam latihan. Ketika sudah menghabiskan banyak biaya, waktu, tenaga, serta pikiran, bukannya mendapat tubuh yang kekar, justru tidak ada hasil yang menggembirakan. Kira-kira apa yang menjadikan latihan keras tersebut gagal? Perlu diketahui, fitnes tidaklah semudah yang dibayangkan, ada banyak kendala serta faktor yang mengakibatkan seserorang gagal mendapatkan tubuh yang diimpikannya. Adapun kesalahannya sebagai berikut:

  • Tidak Menjaga Pola Makan

Semua latihan yang Anda lakukan pasti berakhir sia-sia jika Anda tidak memerhatikan pola makan yang baik dan benar. Pasalnya, ketika ingin membentuk otot, Anda harus benar-benar mencukupi kebutuhan protein.  Jadi, protein tersebutlah yang akan diubah menjadi otot. Ketika tidak ada protein di dalam tubuh, lantas apa yang akan diubah? Tentu saja sia-sia bukan?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  • Tidak Menjaga Pola Tidur

Ketika melakukan latihan, ada banyak sel dan otot yang mungkin saja mengalami cidera. Cidera tersebut bisa berupa cidera kecil, sampai cidera besar. Nah, untuk mengatasinya Anda perlu meningkatkan kualitas serta jam tidur sebab tidur adalah salah satu cara tubuh dalam memperbaiki sel serta hormon di dalam tubuh secara alami.

  • Latihan yang Salah

Maksud dari latihan yang salah adalah Anda melakukan satu jenis latihan secara terus-menerus atau monoton. Hal ini tidak dibenarkan dalam dunia kebugaran. Sebab, pada tubuh terdapat berbagai jenis otot yang cara pembentukannya pun berbeda. Sehingga ketika Anda hanya melakukan satu jenis latihan saja, maka otot lain akan mati dan tidak terbentuk. Ada baiknya Anda mengikuti anjuran instruktur agar pembentukan otot menjadi lebih maksimal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi