Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang akan Anda lakukan jika daging ikan yang baru saja dimasak dan disajikan di depan Anda tiba-tiba saja melompat keluar dari piring? Hal ini ternyata benar-benar terjadi di Tiongkok. Pelanggan dari sebuah restoran yang sedang mengabadikan makanan yang akan segera Ia santap dengan kamera video terkejut tatkala daging ikan di depannya melompat begitu saja.

Sudah Disajikan ke Pelanggan, Ikan Ini Melompat dari Piring!

Dilansir dari Metro.co.uk, awalnya ikan ini menggerakkan ekornya. Namun, dengan sekuat tenaga tiba-tiba saja ikan ini melompat dan menumpahkan berbagai bahan makanan lain yang diletakkan di atasnya. Setelahnya sang ikan seperti masih ‘bernapas’ di atas meja makan.

Video ini kemudian viral di Youku, media sosial khusus untuk berbagi video di Tiongkok. Banyak orang yang menganggap ikan tersebut tidak benar-benar dimasak dengan baik. Bahkan, ada warganet yang menyebut koki dari restoran tersebut tidak membunuh ikan ini terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Hanya saja, menurut pakar kesehatan, kondisi ini ternyata bisa saja terjadi pada ikan yang sudah dimasak hingga matang. Ikan ini sudah mati namun masih dalam kondisi sangat segar sehingga ada beberapa bagian motor neuron pada otot di dalam jaringan tubuhnya yang masih bergerak.

Profesor Charles Grisham dari University of Virginia menyebutkan bahwa kebanyakan jaringan pada ikan yang masih dalam kondisi segar sebenarnya masih hidup meskipun otak mereka sudah mati. Saat daging ikan yang sudah dimasak ini diberi taburan garam atau kecap asin, maka otot-otot pada daging ikan ini bisa berkontraksi dan akhirnya membuat daging ikan seperti kembali bergerak.

Meskipun bisa dipastikan bahwa daging ikan tersebut sudah mati dan bisa dimakan. Tetap saja ikan ini sudah kotor karena telah terjatuh di atas meja makan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi