Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika si kecil baru lahir, umumnya para ibu dituntut untuk segera menguasai cara menggendong bayi dengan benar. Namun sebenarnya bukan hanya para ibu lho yang perlu tahu bagaimana cara menggendong bayi dengan benar, melainkan para ayah juga. Nah, sudah benarkah cara ayah menggendong bayi?

Sudah Benarkah Cara Ayah Menggendong Bayi?

Photo Credit: Pexels.com

Cara menggendong bayi yang perlu dikuasai ayah

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara cara menggendong bayi untuk ayah maupun untuk ibu. Yang perlu diingat saat menggendong bayi adalah otot dan tulang bayi masih sangat lemah jadi orang tua perlu berhati-hati saat menggendongnya. Berikut ini adalah cara menggendong bayi yang bisa dipraktikkan ayah:

1. Usia 0-3 bulan

Bayi baru lahir memiliki leher, punggung dan kaki yang masih lemah sehingga belum memiliki keseimbangan yang baik. Untuk itu ketika menggendong, orang tua perlu memastikan bahwa ketiga bagian tubuh tersebut aman disangga oleh tangan orang tua. Cara menggendong yang aman adalah bayi digendong pada posisi telentang sambil dipeluk di bagian dada. Posisi ini mampu menopang leher, punggung dan kaki bayi dengan baik.

2. Ketika kepala bayi mulai kuat menyangga

Ketika bayi sudah mulai cukup kuat untuk mengangkat lehernya, ada beberapa cara menggendong yang bisa dicoba oleh ayah, di antaranya bayi bisa digendong dengan posisi setengah duduk di atas lengan, tangan atau pangkuan. Kemudian tubuh dan kepalanya diletakkan di dada ayah dengan posisi tubuh menghadap ke depan.

Selain itu ayah juga bisa mencoba menggendong dengan posisi seperti menyendawakan bayi, yaitu si kecil menghadap belakang dengan kepala di atas bahu ayah, sedangkan satu tangan ayah menopang leher dan kepala bayi. Sementara tangan yang lain menyangga punggung dan pantan bayi. Posisi ini dikenal dengan istilah shoulder hold dan merupakan salah satu posisi favorit bayi.

3. Melatih bayi untuk tengkurap
Ketika kepala bayi sudah semakin kuat, ayah bisa melatih bayi untuk tengkurap dengan menggendongnya dalam posisi belly hold. Posisi ini dapat membantu meredakan kolik atau kembung pada bayi. Caranya, Anda dapat menyandarkan bayi dalam posisi tengkurap lalu kepala dan perut bayi disangga di kengan bawah ayah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Bagaimana para ayah, sudah siap untuk berlatih menggendong si kecil?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi