Sudah Banyak Makan Tapi Masih Kurus? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Sudah merasa banyak makan tapi tidak gemuk-gemuk juga? Mungkin pola diet yang Anda lakukan tidak tepat. Pasalnya, agar berat badan naik, bukan hanya makan banyak saja, namun juga banyak hal lain yang juga berpengaruh. Apa sajakah itu?

Agar berat badan naik maka asupan kalori makanan yang masuk dalam tubuh harus lebih banyak dari kalori yang kita keluarkan.

Katherine Zeratsky, dietitian dari Mayo Clinic, menyebutkan bahwa hal tersebut akan berhasil jika kita mengonsumsi makanan lebih banyak dan pilihan makanan yang tepat. Umumnya kita hanya berfokus pada jumlah makanan saja, bukan pilihan makanan.

Hal tersebut yang menyebabkan diet peningkatan berat badan tidak efektif. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui apa saja pilihan makanan yang bisa mendukung keberhasilan diet, di antaranya:

1.Pilih makanan yang tinggi kalori

 

Makanan yang tinggi kalori umumnya kaya karbohidrat dan protein. Untuk itu, konsumsi roti, daging, telur dan ayam boleh ditingkatkan agar kalori yang masuk dalam tubuh lebih banyak.

2.Tambahkan topping pada makanan

 

Usahakan tambahkan topping, misalnya cokelat, selai, susu kental manis atau keju pada camilan. Hal ini akan meningkatkan asupan kalori dalam tubuh karena tambahan topping tersebut termasuk yang tinggi kalori.

3. Pilih minuman yang tinggi kalori

 

Usahakan lebih sering mengonsumsi minuman berkalori, misalnya susu, atau

smoothies dengan tambahan topping es krim susu. Sama dengan prinsip lain diatas, minuman ini akan meningkatkan asupan kalori tubuh.

4. Jangan minum bersamaan dengan makan

Air putih menyebabkan lambung terasa penuh, sebaiknya jangan minum bersamaan dengan makan karena akan membuat kita merasa kenyang padahal kalori dari makanan belum banyak masuk.

5. Jangan langsung makan dalam jumlah banyak

Beberapa orang justru merasa tidak nyaman dan malas untuk makan lagi jika sudah makan dalam jumlah banyak. Jadi lebih seringlah ngemil, misalnya 2 jam sekali dengan pilihan makanan tersebut sehingga kalori yang masuk akan lebih banyak.

Dengan pilihan makanan yang tepat diet peningkatan berat badan akan lebih berhasil karena kalori yang masuk efektif membentuk massa tubuh sehingga berat badan akan naik.

Nah bagaimana, Anda mau mulai dengan pilihan makanan yang manakah?