Warganet Dihebohkan dengan Suara Rekaman Yanny atau Laurel

doktersehat_yenny_laurel
Photo Source: Twitter/awonderland

DokterSehat.Com– Beberapa waktu lalu kita tentu masih ingat tentang perdebatan warganet tentang warna sebuah baju. Sebagian warganet menganggap baju tersebut berwarna putih dan emas, namun warganet lainnya berkata bahwa baju tersebut berwarna biru dan hitam. Kali ini warganet memperdebatkan suara dari sebuah rekaman yang cukup aneh.

Awalnya, rekaman ini diunggah oleh akun Twitter @CleoCouture milik Cloe Feldman. Unggahan ini dilengkapi dengan kata tanya “Kalian mendengar Yanny atau Laurel?” Tak disangka, warganet yang membalasnya memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang bersikukuh mendengar kata “Yanny”, namun ada pula yang bersumpah hanya mendengar kata “Laurel.”

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja dan dr. Adrian Setiaji menyebutkan bahwa perdebatan para warganet ini ternyata sama sekali tidak terkait dengan kondisi pendengaran tertentu. Hal yang berbeda terjadi pada perdebatan warna baju putih-emas dan biru-hitam yang terkait dengan kondisi penglihatan.

Menurut Dr. Eko, apa yang kita dengar dari rekaman ini ternyata bisa dipengaruhi oleh banyak hal, baik itu latar belakang pendengar layaknya budaya, bahasa, pendidikan, dan lain-lain. Sementara itu, Dr. Adrian menyebutkan bahwa kerancuan pendengaran ini sepertinya berasal dari produksi rekaman suara yang tidak sempurna.

Selain itu, ada pula kemungkinan perbedaan suara ini juga dipengaruhi oleh penggunaan speaker atau headphone. Jika sebuah speaker memiliki kualitas yang terbatas pada frekuensi suara tertentu, maka kita pun bisa mendengarkan suara yang berbeda.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu bingung jika ada warganet lain yang mendengarkan kata yang berbeda dari yang kita dengar. Tidak ada yang salah pada pendengaran kita kok.