Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Waktu yang ideal dalam beraktivitas adalah mulai pagi hingga sore hari. Selebihnya adalah waktu yang harus benar-benar digunakan untuk memanjakan tubuh dengan segala kegiatan bermanfaat, misalnya berolahraga, senam, melakukan hobi, dan beristirahat.

Studi Baru : Wanita yang Biasa Kerja Malam Lebih Berisiko Terkena Kanker

Namun, sepertinya waktu ideal tersebut sudah tidak lagi diperhatikan di jaman yang semakin maju ini. Pasalnya, hampir sebagian besar orang lebih menghabiskan waktunya untuk bekerja, bahkan sampai larut malam. Tak hanya pria, wanita saat ini juga banyak yang melakukan pekerjaan di malam hari dan menggadaikan kesehatan hanya untuk profesi.

Tapi itu adalah tugas yang tidak bisa ditinggalkan karena telah diikat peraturan pada perusahaan tempat mereka bekerja. Padahal, menurut hasil studi yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research (AACR) kebiasaan kerja malam adalah kebiasaan yang sebisa mungkin harus dihindarkan karena sangat tidak baik bagi kesehatan, khususnya bagi seorang wanita.

Wanita pekerja malam memiki kenaikan risiko terkena penyakit berbahaya mencapai 19 persen. Penyakit tersebut adalah kanker, mulai dari kanker payudara, kanker paru, kanker kulit, hingga dan jenis kanker lainnya. Jumlah risiko tersebut berbeda jauh dengan wanita yang hidupnya normal, yaitu bekerja pada siang hari.

Hal tersebut dikarenakan tubuh tidak bisa meregenerasi sel-sel dengan maksimal. Seperti diketahui, tidur malam adalah salah satu cara tubuh membuang racun serta memproduksi sel secara alami. Jadi, ketika Anda mengurangi jatah tidur, sama saja dengan meningkatkan kemungkinan penyakit masuk ke dalam tubuh. Terlebih jika di malam hari Anda melakukan aktivitas yang cukup padat dan menyita banyak tenaga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Kemudian, ketika hormon dan metabolisme tidak seimbang dalam jangka panjang, maka tidak hanya kanker yang akan datang, tapi juga penyakit ganas lainnya. Tentu saja saat sudah seperti itu akan lebih sulit ditangani. Oleh karenanya, gunakanlah waktu sebaik mungkin dan seproduktif mungkin. Ketika malam hari, gunakanlah waktu tersebut untuk beristirahat dengan baik agar tubuh menjadi sehat dan bugar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi