Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mandi merupakan sebuah kegiatan mencuci tubuh dengan air yang bertujuan untuk memberishkan tubuh dari kotoran serta bakteri yang menempel. Selain itu, mandi juga bisa digunakan untuk mengatasi gerah. Oleh karenanya, mandi bisa dikatakan sebagai sebuah aktivitas rutinan yang sangat digemari oleh kebanyakan orang.

Studi Baru: Terlalu Sering Mandi Tak Baik Bagi Kesehatan

Umumnya seseorang melakukan aktivitas mandi sebanyak 2-3 kali sehari dan kadang juga lebih tergantung kebutuhan masing-masing. Sebab, tak sedikit pula yang mandi tengah malam untuk kebutuhan tertentu. Perlu diketahui, mandi adalah kegiatan yang baik dan bisa mengusir kotoran yang menempel di tubuh. Tapi, terlalu sering mandi juga tidak baik yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

Hal itu disampaikan oleh pakar kesehatan asal Columbia University, bahwa mandi berlebihan bisa mengurangi hidrasi kulit sehingga kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Tentunya kondisi tersebut bisa membuat kuman menjadi mudah masuk ke dalam tubuh.

Dijelaskan pula bahwa ada anggapan yang salah dari setiap orang tentang mandi. Menurut orang-orang, mandi adalah kegiatan yang bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit. Padahal sebenarnya mandi tak lebih sebagai aktivitas yang hanya menghilangkan bau badan.

Dalam kasus lain, banyak orang merasa kulitnya seakan lebih menipis karena gesekan dari sabun yang digunakan. Hal tersebut memang benar, sebab minyak alami yang diproduksi kulit menjadi luruh bersama busa hasil dari sabun yang membuat bakteri baik menjadi hilang juga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Dari penelitian tersebut, disarankan agar setiap orang tidak terlalu sering mandi. Jumlah yang ideal adalah 1-2 kali sehari, tidak lebih. Hal itu dikarenakan agar minyak alami yang diproduksi oleh tubuh tidak ikut hilang. Bisa dilihat pula, orang yang jarang mandi memiliki kekebalan tubuh yang cukup kuat bila dibandingkan dengan orang yang terlalu sering mandi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi