Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat, tidak cukup jika hanya berolahraga. Tapi juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Sama halnya saat selesai olahraga, ada beberapa makanan yang dilarang dan ada pula beberapa makanan yang dianjurkan agar olahraga memberi hasil maksimal.

Studi Baru: Pisang Adalah Nutrisi Terbaik Usai Latihan Kebugaran

Photo Credit: pexels.com

Nah, bicara mengenai makanan yang baik saat usai olahraga, baru-baru ini ada sebuah studi baru yang cukup menjadi buah bibir netizen di jagad maya. Bagaimana tidak, hasil studi tersebut mengatakan bahwa pisang adalah nutrisi terbaik yang sangat cocok dimakan setelah olahraga. Hal tersebut tentunya sedikit bertentangan dengan rumor selama ini yang mengatakan jika pisang tidak baik dikonsumsi setelah olaraga.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Appalachian State University yang dipublikasikan di Journal PLOS One. Dalam penelitian yang melibatkan 20 orang tersebut, para peneliti melakukan riset dengan memberikan pisang dan jenis makanan lainnya saat setelah olahraga untuk mengetahui fungsi dari beberapa jenis makanan tersebut. Alhasil, dibeberkan jika mereka para responden yang rutin mengonsumsi pisang akan mendapat kebugaran tubuh yang lebih baik dibanding orang yang mengonsumsi jenis makanan lain.

Dijelaskan, ada sekitar 18 metabolit unik dari para responden yang mengonsumsi pisang. Salah satunya adalah bisa mencegah inflamasi atau radang saat setelah olahraga. Selain itu, dikatakan pula jika pisang merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan gula alami sehingga sangat baik untuk mengganti energi yang telah terbuang saat latihan atau olahraga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Tidak sampai di situ, dijelaskan pula bahwa pisang adalah buah yang mengandung banyak potassium sehingga sangat baik untuk mencegah kram otot. Lantas, antioksidan yang dimiliki pisang juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru di dalam tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi