Terbit: 26 November 2019 | Diperbarui: 27 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Perubahan yang besar akan dialami oleh wanita yang sedang hamil. Perubahan ini bisa berupa perubahan hormonal pada tubuh, mood, sampai perubahan pada anggota tubuh. Beberapa bagian tubuh khususnya payudara, perut, dan pinggul akan terus membesar. Selanjutnya kulit juga jadi sensitif dan rawan stretch mark.

5 Bagian Tubuh Wanita yang Rawan Terkena Stretch Mark Saat Hamil

Mewaspadai Stretch Mark

Ketika Anda sedang hamil atau merencanakan hamil, ada baiknya untuk lebih waspada dengan kondisi dari stretch mark. Gangguan pada kulit memang susah diatasi, apalagi kalau sangat gatal. Karena tidak tahan Anda jadi berusaha untuk menggaruknya dengan intens.

Apa yang dilakukan ini salah kaprah dan justru memicu masalah yang sangat besar. Oleh karena itu menahan diri untuk tidak menggaruk pada bagian tertentu adalah hal yang harus dilakukan. Kalau Anda mengabaikannya, stretch mark di kulit bisa muncul di mana-mana pasca persalinan.

Bagian Tubuh Wanita yang Rawan Stretch Mark

Bagian tubuh pada wanita hamil memang sangat rawan mengalami stretch mark. Bagian tubuh itu terdiri dari:

  1. Perut

Saat hamil, perut dari wanita hamil akan membesar seiring dengan tumbuhnya janin di rahim. Saat perut membesar dan melebihi kapasitasnya, kemungkinan terjadi stretch mark akan besar. Apalagi setelah hamil berat badan akan sangat anjlok dan memicu pecahnya jaringan di bawah kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Beberapa wanita menyarankan wanita untuk tidak menggaruk perutnya saat gatal. Hal ini akan membuat stretch mark semakin bermunculan dan pasca persalinan area perut jadi tidak indah lagi.

  1. Payudara

Payudara juga akan mengalami peningkatan ukuran saat hamil dan menyusui. Peningkatan ini juga memicu kondisi stretch mark. Oleh karena itu, wanita tetap disarankan merawat payudaranya dengan tetap memberikan pelembab sehingga tidak mengalami kerusakan jaringan. Meski akhirnya membesar, payudara akan tetap kenyal dan kelembabannya terjaga.

  1. Kaki

Kaki di bagian betis hingga paha atas juga bisa mengalami stretch mark. Bagian kaki bawah yang terkena stretch mark akan membuat beberapa wanita terganggu. Pasalnya nilai estetikanya akan menurun cukup tajam.

  1. Lengan Bagian Atas

Lengan atas juga akan mengalami pertambahan lemak dan terjadi stretch mark. Kalau sampai bagian ini mengalami kerusakan kulit, wanita akan susah mengenakan baju dengan lengan pendek. Oh ya, stretch mark di area ini juga menyebabkan rasa gatal.

  1. Area Rambut Kemaluan

Disadari atau tidak Anda akan menemukan stretch mark di bawah rambut kemaluan. Saat hamil area rambut kemaluan akan membesar dan memiliki banyak lemak. Kalau Anda sering menggaruknya atau pertambahan lemaknya terlalu berlebihan, kulit akan tertarik cukup kuat dan menyebabkan kerusakan jaringan di beberapa bagian atau di semua zona rambut kemaluan.

Penanganan Stretch Mark yang Alami

Ada beberapa cara untuk mengatasi stretch mark yang terlanjur muncul pasca kehamilan secara alami.

  • Penuhi konsumsi vitamin A. Anda bisa mengonsumsi wortel atau ubi jalar dengan daging warna oranye. Dengan mengonsumsi makanan jenis ini kebutuhan nutrisi kulit akan terpenuhi. Dampaknya, kerusakan tidak akan terjadi lagi dan yang sudah terlanjur rusak akan perlahan memudar.
  • Menggunakan campuran gula dengan beberapa bahan pelembab lainnya. Mengaplikasikan campuran gula dengan beberapa bahan pelembut serta minyak kelapa bisa membantu memudahkan stretch mark perlahan-lahan. Selalu ingat, stretch mark tidak akan sembuh sempurna, tapi bisa diminimalkan.
  • Lidah buaya. Kandungan zat kimia dari lidah buaya akan menyebabkan kulit menjadi lebih lembut dan gangguan di bawah permukaan. Anda bisa mengaplikasi lidah buaya secara langsung atau memakai yang sudah menjadi krim.
  • Mengonsumsi asam hyaluronic dalam bentuk kapsul. Bahan aktif ini akan menstimulasi kolagen untuk diproduksi dalam jumlah banyak.
  • Minyak kelapa. Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit yang memiliki stretch mark. Pengaplikasian ini akan memudarkan stretch mark perlahan-lahan.

Faktor Pemicu Stretch Mark

Ada beberapa faktor yang menyebabkan stretch mark muncul pada ibu hamil atau siapa saja, berikut ulasan selengkapnya.

  • Wanita hamil dengan usia kandungan cukup tua. Sekitar 50-90 persen wanita hamil akan mengalami stretch mark.
  • Pubertas yang memicu pertumbuhan bagian tubuh dengan cepat. Kondisi ini bisa terjadi pada pria dan juga wanita.
  • Pertumbuhan berat badan yang terlalu berlebihan. Kondisi ini memicu kulit jadi melebar dan akhirnya pecah di bawah permukaan.
  • Kondisi tertentu seperti Chushing’s syndrome. Kulit biasanya akan menjadi sangat lemah dan kondisi stretch mark
  • Penggunaan krim dengan kandungan corticosteroid yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama.

Mencegah Stretch Mark

Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh dari wanita hamil akan mengalami peningkatan dari segi ukuran. Bokong, perut, hingga payudara akan membesar dan berpotensi sebabkan stretch mark. Nah, agar kondisi stretch mark tidak terjadi, lakukan pencegahan dengan beberapa hal di bawah ini.

  • Selalu penuhi kebutuhan air harian selama hamil. Kebutuhan air ini mencapai 8 gelas setiap harinya. Air yang terpenuhi akan membuat kulit jadi lebih segar dan kemungkinan terjadi stretch mark akan rendah.
  • Tidak mengalami obesitas. Wanita yang hamil memang akan mengalami peningkatan berat badan. Namun, kalau tidak dikendalikan bisa memicu obesitas. Oleh karena itu, perhatikan pola makan,
  • Perbanyak makanan buah dan sayuran yang mengandung antioksidan. Biasanya beberapa vitamin seperti vitamin C akan mencegah kerusakan dari kulit dan membuatnya tetap terasa lebih kenyal dari biasanya.
  • Tetap penuhi vitamin D. Tubuh sebenarnya bisa memenuhi vitamin D, tapi beberapa orang tidak sadar saat kekurangan. Agar Anda tidak kekurangan vitamin D, ada baiknya untuk berjemur di pagi hari selama 10-15 menit saja.
  • Beri kirim yang bisa melembutkan kulit setiap harinya.
  • Jangan menggaruk bagian perut atau dada kalau gatal dengan terlalu keras.

Demikianlah ulasan tentang kulit pada wanita hamil yang rawan mengalami stretch mark. Nah, Anda yang sudah pernah hamil sebelumnya, apa saja cara untuk mencegah kemunculan dari stretch mark yang sangat mengganggu ini?

 

 

Sumber:

  1. Krieger, Elizabeth B. The Truth About Pregnancy Stretch Marks. https://www.webmd.com/baby/features/stretch-marks#1. (Diakses pada 26 November 2019)
  2. O’Connor, Amy. 2019. Stretch Marks During and After Pregnancy. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/stretch-marks.aspx. (Diakses pada 26 November 2019)
  3. Marcin, Ashley. 2018. 7 Tips to Help Prevent Stretch Marks. https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-stretch-marks. (Diakses pada 26 November 2019)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi