Terbit: 19 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComStretch mark adalah salah satu gangguan kulit yang umum terjadi pada wanita dan umumnya muncul saat sedang hamil. Kulit di area perut yang terlalu melar akhirnya membuat beberapa jaringan pecah dan akhirnya membentuk semacam lubang-lubang di bawah kulit dan menjalar ke mana-mana. Adakah stretch mark pada pria?

Penyebab & Cara Menghilangkan Stretch Mark pada Pria

Meski lebih umum terjadi pada wanita, stretch mark juga bisa terjadi pada pria. Kulit pada pria juga akan mengalami melar dan pecah. Sama halnya dengan wanita yang merasa tidak nyaman dengan stretch mark yang dialami, pria pun juga tidak merasa nyaman, terlebih kalau berprofesi sebagai public figure.

Kalau Anda merasa memiliki stretch mark di tubuh, ada baiknya menyimak beberapa cara mengatasinya di bawah ini.

Gejala stretch mark pada pria

Pria bisa mengalami stretch mark kalau tekanan pada kulit berjalan lebih cepat dari pertumbuhannya. Kondisi ini biasanya terjadi pada lapisan tengah dari kulit atau sering disebut dengan nama dermis. Karena dermis tidak kuat lagi untuk memanjang, luka atau sayatan akan muncul dan menyebabkan kulit seperti berlubang dan terlihat dari luar.

Pada kondisi tertentu, pembuluh darah yang ada di dermis juga ikut pecah dan menyebabkan adanya warna keunguan atau agak merah mudah di bekas robekan. Saat kondisi stretch mark muncul biasanya akan terasa panas dan gatal. Namun, seiring dengan berjalannya waktu akan terasa biasa dan tidak berbahaya untuk tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Stretch mark mungkin tidak akan menyebabkan masalah seperti terbentuk kanker atau sejenisnya. Meski demikian, stretch mark cukup membuat wanita dan pria tertekan karena estetika dari tubuhnya menurun.

Penyebab stretch mark pada pria

Penyebab stretch mark pada pria dan wanita mungkin hampir sama. Namun, pria tentu tidak akan mengalami kehamilan. Secara umum, stretch mark pada pria bisa muncul karena beberapa hal di bawah ini:

  1. Pertumbuhan yang cepat saat masa puber

Saat sedang memasuki masa puber, tanda seks sekunder dan primer pada pri akan tumbuh dengan signifikan. Pertumbuhan yang terlalu cepat pada kaki dan tangan kadang memunculkan stretch mark dalam jumlah banyak. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak yang cepat tinggi dan badannya mudah berotot.

Kalau anak laki-laki tumbuhnya perlahan-lahan saja mungkin stretch mark tidak akan muncul. Muncul pun tidak akan banyak dan mudah tersamarkan karena pertumbuhan tubuh masih berjalan dengan cepat.

  1. Obesitas

Obesitas yang terjadi dengan cepat juga memicu munculnya stretch mark pada tubuh pria. Biasanya di area perut, bokong, dan paha sering muncul guratan-guratan yang susah dikendalikan. Stretch mark pada pria biasanya muncul ketika tubuh mulai kembali kurus, sehingga kulit jadi terlihat rusak.

  1. Melakukan binaraga

Binaraga juga memicu pertumbuhan otot di tangan dan kaki. Akibat pertumbuhan otot ini, kulit bagian tengah atau dermis mengalami robek dan muncul stretch mark.

Cara menghilangkan stretch mark pada pria

Adanya stretch mark di tubuh tentu sangat mengganggu. Oleh karena itu, berikut beberapa cara menghilangkan stretch mark pada pria:

  • Menggunakan krim topical tretinoin. Krim ini mungkin tidak menyembuhkan langsung, tapi bisa menyamarkan dengan cepat.
  • Centella sciatica. Herba ini dikatakan bisa menyembuhkan stretch mark dengan cepat.
  • Pengobatan dengan menggunakan laser. Cara ini dianggap cukup efektif dan bisa menghilangkan stretch mark dengan cepat jika dibandingkan dengan krim topikal. Barangkali kekurangan dari cara ini adalah mahalnya biaya yang harus dikeluarkan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang stretch mark pada pria. Dengan mengetahui hal di atas, Anda bisa dengan mudah mengatasi stretch mark kalau muncul di area perut, tangan, dan kaki.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi