Terbit: 7 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Stres dikenal luas sebagai penyebab dari berbagai macam peradangan. Tak hanya stres pada pikiran, stres juga bisa muncul pada fisik akibat tubuh yang kelelahan. Menariknya, di balik berbagai efek buruk yang bisa kita dapatkan dari stres, ternyata hal ini juga bisa memberikan manfaat tak terduga lho.

Ternyata, Stres Juga Ada Manfaatnya Lho

Manfaat dari Stres

Pakar kesehatan Kathleen Gunthert dari American University melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui bagaimana dampak dari stres bagi kesehatan. Ia pun membagi stres menjadi dua jenis, yakni distress yang merupakan stres negatif layaknya saat kita sedang patah hati dan eustress yang merupakan stres positif seperti semangat saat melakukan pekerjaan atau hal-hal yang baru.

Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Psychoneuroendocrinology ini, disebutkan bahwa stres ringan yang termasuk dalam jenis eustress bisa memberikan perlindungan bagi kesehatan karena bisa mencegah kerusakan oksidatif yang bisa memicu penuaan atau datangnya penyakit. Bahkan, stres akibat deadline pekerjaan bisa membantu kita menjadi lebih fokus dan lebih bersemangat untuk menyelesaikannya.

Stres terkadang bisa membantu kita seperti memaksakan diri untuk menyelesaikan berbagai macam masalah. Hal ini juga bisa menambah rasa percaya diri.

“Dengan memiliki pengalaman dan rasa percaya diri, maka kita akan merasa lebih aman dan mampu mengendalikan berbagai macam hal dan situasi,” ucap Peter Vitaliano yang berasal dari School of Medicine University of Washington.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Kita bahkan bisa menjadikan stres sebagai tantangan untuk mengatasi ketakutan. Hal ini bisa membantu kita belajar untuk mengatasi masalah, bukannya menghindarinya. Jika kita sudah berhasil mengatasi satu kekhawatiran atau ketakutan tertentu, kita akan lebih tenang dan percaya diri untuk menghadapi hal yang sama di kemudian hari.

Stres ternyata juga bisa membuat hubungan antar manusia meningkat, apalagi jika kita mau saling berbicara dengan orang lain untuk mencurahkan perasaan atau pikiran yang terkait dengan stres. Dengan sering bersosialisasi, maka kita pun akan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Meskipun begitu, bukan berarti kita membiarkan stres begitu saja. Pastikan untuk mengendalikannya demi mencegah efek buruk bagi kesehatan psikis dan fisik.

Berbagai Cara Mengendalikan Stres

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mengendalikan stres.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Bercerita dengan Orang Lain

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, cara pertama yang bisa kita lakukan demi mengendalikan stres adalah dengan mencurahkan unek-unek dengan orang lain. Kita bisa melakukannya dengan keluarga, pasangan, atau teman. Meski terlihat sederhana, dalam realitanya hal ini bisa menghilangkan beban pikiran dan stres dengan efektif.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga tak hanya tentang menjaga berat badan atau membuat tubuh kita menjadi semakin bugar. Dalam realitanya, rutin melakukannya bisa mengatasi stres dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh munculnya hormon yang bisa membuat suasana hati meningkat.

  1. Menjalankan Hobi yang Disukai

Cobalah untuk menyempatkan diri untuk melakukan hobi yang disukai seperti berkebun, menikmati pemandangan alam, menonton film, atau hal-hal lainnya yang bisa mengatasi stres dan membuat kita menjadi lebih rileks.

  1. Gaya Hidup Sehat

Tidur cukup, mengonsumsi makanan sehat, dan menghindari rokok dan alkohol terbukti bisa mencegah dan mengatasi stres dengan efektif.

  1. Melakukan Meditasi

Beberapa jenis olahraga seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan bisa membantu kita menghilangkan pikiran negatif, menurunkan stres, dan membuat kesehatan mental menjadi jauh lebih baik.

 

Sumber:

  1. Selna, Elaine. 2018. How Some Stress Can Actually Be Good for You. https://time.com/5434826/stress-good-health/ (Diakses pada 7 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi