Stres Bisa Sebabkan Usus Luka

usus-doktersehat

DokterSehat.Com– Stres bisa menyebabkan dampak kesehatan yang jauh lebih besar dari yang kita bayangkan, tak hanya membuat pikiran penat saja. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita mengalami stres parah dan berkepanjangan, bisa jadi di dalam usus kita mengalami peradangan yang akhirnya berimbas pada munculnya luka.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa stres bisa menyebabkan colitis ulserativa, peradangan pada bagian usus yang berada di bagian usus besar dan rektum yang mengaitkan usus besar dengan anus. Hal ini disebabkan oleh kondisi stres yang membuat tubuh ternyata berada dalam mode ‘melawan’ atau ‘berlari’. Tubuh pun kemudian memproduksi beberapa jenis hormon seperti adrenalin atau sitokin yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sekaligus menimbulkan peradangan. Yang menjadi masalah adalah, peradangan ini bisa saja terjadi di usus dan akhirnya menyebabkan timbulnya luka pada saluran pencernaan.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa stres berat akibat hilangnya pekerjaan, perceraian, dan masalah-masalah lainnya bisa menyebabkan colitis ulserativa. Selain stress, penyebab lain dari penyakit ini adalah konsumsi obat-obatan tertentu dan beberapa jenis makanan yang ternyata kurang baik bagi kesehatan pencernaan.

Jika kita mengalami gejala colitis ulserativa seperti diare, perdarahan pada anus atau saat buang air besar, demam ringan, rasa nyeri atau kram pada perut, tubuh yang terasa lelah, penurunan berat badan dengan drastis, anemia, hingga nyeri pada persendian, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mengatasi peradangan pada usus ini. Selain itu, pastikan untuk mengelola stres dengan lebih baik agar tidak sampai terkena masalah kesehatan ini.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria