Stres Bisa Bikin Diare?

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, saat sedang banyak pikiran, kita cenderung lebih mudah sakit perut atau terkena diare. Sebenarnya, apakah memang banyak pikiran atau stres bisa mempengaruhi kondisi pencernaan kita?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa selain karena mengonsumsi makanan tertentu atau sedang mengalami gangguan pencernaan, stres ternyata juga bisa membuat kita terkena diare. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai irritable bowel syndrome (IBS).

Setidaknya, 15 persen manusia di seluruh dunia mengalami masalah IBS ini. Meski bisa dialami oleh siapa saja baik itu anak-anak atau lansia, masalah pencernaan ini cenderung lebih sering dialami oleh wanita. Sebuah penelitian bahkan menghasilkan fakta bahwa kaum hawa memiliki risiko terkena IBS 3 kali lebih besar jika dibandingkan dengan wanita.

Gejala dari IBS adalah perut yang terasa nyeri, kembung parah, diare, atau konstipasi. Penyebabnya juga belum diketahui. Hanya saja, sebagian besar dipicu oleh stres psikologis. Menurut pakar kesehatan, stres berperan dalam 60-80 persen dari total kasus IBS. Selain stres, penyebab IBS terbesar lainnya adalah tidak seimbangnya komposisi bakteri di dalam usus. Hanya saja, stres juga bisa ikut mempengaruhi kondisi bakteri di dalam usus. Karena alasan ini pulalah banyak pakar kesehatan yang menyarankan konsumsi makanan proboitik seperti yoghurt untuk mengelola stres.

Sudah berkali-kali pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pikiran agar tidak mudah stres karena dampaknya memang bisa sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Jika memang kita mulai mengalami banyak pikiran, cobalah untuk bercerita ke orang lain atau melakukan refreshing untuk mengatasinya sehingga kita pun tidak mudah mengalami gejala sakit perut atau diare.