5 Kondisi yang Menyebabkan Sperma Tidak Keluar Saat Ejakulasi

doktersehat sperma tidak keluar saat ejakulasi

DokterSehat.Com – Normalnya setelah mendapatkan orgasme pria akan mengalami ejakulasi. Saat ejakulasi terjadi, air mani yang mengandung sperma akan keluar. Cairan yang keluar inilah yang akan membuahi sel telur kalau pasangan memang merencanakan pernikahan. Sperma yang keluar akan berenang hingga ke rahim dan akhirnya membuahi sel telur di sana.

Meski air mani normalnya keluar saat pria mengalami ejakulasi, ada kondisi tertentu yang membuat cairan sperma itu tidak kunjung keluar atau dry ejaculation. Kalau pria mengalami dry ejaculation, lima kondisi ini bisa jadi biang keroknya.

  1. Ejakulasi retrograde

Ejakulasi seharunya terjadi dari dalam ke luar. Sperma yang ada di dalam testis bisa dikeluarkan dengan mudah keluar melalui uretra. Saat ejakulasi retrograde terjadi, cairan sperma ini justru kembali ke dalam dan masuk ke kandung kemih. Kondisi ini akan membuat pria tidak bisa membuahi pasangannya karena sperma akan dikeluarkan bersamaan dengan urine.

  1. Ejakulasi tertunda

Pria dengan kondisi ini biasanya susah mendapatkan klimaks. Biasanya seks harus dijalankan cukup lama sampai akhirnya bisa klimaks dan ejakulasi terjadi. Beberapa pria yang kondisinya cukup parah bahkan tidak mengalami ejakulasi sama sekali.

  1. Gangguan prostat

Gangguan pada prostat yang terjadi karena operasi laser bisa menyebabkan pria tidak bisa ejakulasi dengan sempurna. Meski pria mendapatkan orgasme, sperma tidak akan keluar dengan mudah.

  1. Penyumbatan saluran sperma

Penyumbatan saluran sperma bisa terjadi karena sengaja dan tidak. Penyumbatan sengaja dilakukan saat vasektomi. Sementara itu faktor tidak sengaja terjadi akibat ada penyumbatan akibat penyakit tertentu.

  1. Hipogonadisme

Kondisi ini biasanya terjadi karena tubuh tidak memiliki cukup testosteron. Akibatnya pertumbuhan organ seksual pria tidak bisa berjalan dengan lancar. Akibat pertumbuhan yang terhambat ini sperma yang dihasilkan juga semakin sedikit.

Inilah lima kondisi yang sebabkan pria tidak bisa keluarkan sperma saat ejakulasi. Semoga kita semua tidak mengalaminya ya!