Awas, Sosis Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Perut

DokterSehat.Com– Meski pakar kesehatan sudah berkali-kali mengingatkan kita tentang bahaya sering mengonsumsi daging olahan seperti sosis atau nugget. Sayangnya, karena rasa dari daging olahan ini sangat enak dan cenderung sangat mudah untuk diolah dengan cepat, kita pun tak ragu untuk sering-sering mengonsumsinya. Padahal, jika kita terlalu sering mengonsumsinya, maka risiko untuk terkena penyakit mematikan seperti kanker perut pun meningkat.

Sebenarnya, selain daging olahan, mengonsumsi minuman beralkohol layaknya bir juga bisa memberikan dampak yang sama. Meskipun telah ada beberapa penelitian yang menghasilkan fakta bahwa konsumsi alkohol dengan porsi yang moderat bisa memberikan manfaat, kita tetap saja cenderung mengonsumsinya dengan jumlah atau frekuensi yang berlebihan. Selain itu, saat mabuk, kita juga cenderung tidak sadar dan terus meminumnya sehingga kandungan berbahaya dari alkohol pun semakin banyak yang masuk ke dalam tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari World Cancer Research Fund (WCRF), dihasilkan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya hingga tiga gelas atau lebih dalam sehari akan mengalami peningkatan risiko terkena kanker perut dengan signifikan.

Para peneliti juga mengungkap fakta tentang kebiasaan mengonsumsi daging olahan seperti bacon, sosis, dan nugget. Dibalik rasanya yang nikmat, daging-daging olahan ini jika dikonsumsi dengan berlebihan juga akan menyebabkan datangnya kanker perut, obesitas, dan peningkatan risiko kardiovaskular akibat tingginya kadar lemak jahat di dalamnya.

Penelitian-penelitian sebelumnya juga mengungkapkan fakta tentang kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol hingga tiga porsi dalam sehari yang bisa meningkatkan risiko kanker dengan signifikan. Selain itu, ditemukan kaitan kuat antara tingginya risiko kanker pada masyarakat Asia dengan kebiasaan mengonsumsi makanan olahan seperti ikan kering atau acar, makanan yang disukai sebagian masyarakat di Asia.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi daging olahan layaknya sosis, daging ham, bacon, daging asap, nugget, dan pastrami mampu meningkatkan risiko terkena sepuluh jenis kanker. Seluruh jenis kanker ini dikenal sangat mematikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi sering-sering mengonsumsi daging olahan meskipun rasanya enak.