Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat menstruasi, wanita akan mengalami banyak masalah pada tubuhnya seperti muncul rasa sakit pada perut yang rasanya seperti melilit-lilit. Selain itu, wanita juga kerap alam lemas pada tubuh, gampang emosi, depresi, hingga yang paling parah bisa pingsan kalau tidak bisa menahan sakit pada tubuh.

Solusi Atasi Sakit Kepala saat Menstruasi

Lebih lanjut, wanita yang sedang menstruasi juga kerap alami pusing atau sakit kepala yang hebat. Sakit kepala ini bisa datang kapan saja sehingga wanita jadi susah beraktivitas.

Penyebab sakit kepala saat menstruasi
Ada dua penyebab wanita mengalami sakit kepala saat sedang menstruasi. Pertama adalah pengaruh hormon estrogen pada tubuh. Sedikitnya kadar hormon estrogen pada tubuh menyebabkan kepala jadi sakit atau muncul gangguan psikis pada wanita.

Penyebab kedua wanita mengalami sakit kepala saat menstruasi adalah efek samping dari dysmenorrhea. Efek samping dari dysmenorrhea adalah munculnya senyawa bernama prostaglandin yang menyebabkan adanya kontraksi pada uterus. Kontraksi ini menyebabkan rasa sakit pada perut hingga terasa ke bagian perut.

Cara mengatasi atau meredakan sakit kepala
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit kepala saat menstruasi tiba, berikut selengkapnya:

  • Relaksasi, coba lakukan relaksasi dengan cara meditasi atau membuat tubuh jadi lebih tenang. Anda bisa jalan-jalan atau traveling kalau memungkinkan agar rasa sakit atau tekanan pada kepala bisa hilang.
  • Istirahat, kalau sakit kepala tidak bisa ditahankan lagi, coba minum air hangat dan istirahat sejenak. Jangan memaksakan diri untuk bekerja terlalu keras.
  • Gunakan obat pereda nyeri. Kalau sakit kepala sudah tidak bisa ditahan lagi dan mengganggu aktivitas sehari-hari, coba minum obat pereda nyeri. Lebih lanjut coba lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan saran medis yang lebih tepat.

Nah, demikianlah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk atasi rasa pusing saat menstruasi. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan yang bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi