Sole Water: Manfaat, Cara Membuat, Aturan Minum, dll

sole-water-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat sedang mengalami diare yang sangat parah biasanya kita dianjurkan untuk mengonsumsi air yang dicampur dengan garam dan gula. Garam bermanfaat untuk menyuplai elektrolit yang terus hilang. Sementara itu gula bermanfaat untuk menambah energi. Selain air yang sering disebut oralit, ada juga sole water yang dianggap bermanfaat untuk tubuh.

Apa Itu Sole Water?

Sole water adalah campuran air dan garam himalaya.

Garam ini sedikit berbeda dengan garam pada umumnya. Warnanya merah muda dan biasanya dijual dalam bentuk bongkahan kecil yang sangat kasar. Garam ini sering digunakan sebagai pengganti garam meja karena dianggap lebih sehat.

Manfaat garam himalaya yang banyak membuat beberapa orang ingin memanfaatkannya secara instan. Kalau langsung dimakan tentu akan terasa asin dan tidak nyaman. Akhirnya garam himalaya dicampur dengan air putih matang agar bisa digunakan kapan saja, bahkan dibawa ke mana-mana.

Meski dikenal memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh, beberapa praktisi kesehatan masih merekomendasikan agar sole water tidak digunakan sebagai minuman kesehatan. Pasalnya landasan penelitian tentang manfaat dari air garam himalaya ini masih sangat sedikit dan dikhawatirkan memicu efek samping yang berbahaya.

Manfaat Sole Water untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari sole water adalah turunan dari manfaat garam himalaya itu sendiri. Garam ini memiliki cukup banyak mineral yang baik untuk tubuh kalau dikonsumsi dengan jumlah yang cukup. Kalau Anda rutin mengonsumsi sole water sebanyak satu kali dalam satu hari, beberapa manfaat di bawah ini bisa didapatkan.

  1. Sumber mineral yang bermanfaat

Selama ini kita mengenal garam dapur mengandung cukup banyak mineral selain sodium. Mineral itu baik untuk kesehatan kalau dikonsumsi dengan jumlah yang benar. Garam himalaya juga demikian, kandungan sodium cukup banyak dan paling penting dari semuanya adalah mineral lain yang jumlahnya 84 buah.

Dengan jumlah mineral yang sangat banyak dan konsentrasinya tidak terlalu besar, Anda bisa aman mengonsumsi sole water. Kecil sekali terjadi kelebihan beberapa mineral sehingga efek samping pada tubuh kemungkinan tidak ada. Anda bisa mengonsumsi sole water kapan saja khususnya setelah olahraga dan berkeringat.

  1. Tidak menyebabkan kelebihan sodium

Salah satu yang ditakuti dari mengonsumsi garam berlebihan adalah naiknya tekanan darah tinggi. Mereka yang sudah memiliki bakat hipertensi akan mudah kambuh sehingga konsumsi garam harian harus segera dikurang. Hal ini berlaku kalau Anda mengonsumsi garam dapur yang warnanya putih.

Kalau mengonsumsi sole water tidak demikian. Anda memang akan mendapatkan suplai sodium atau garam. Namun, jumlahnya 25 persen lebih sedikit. dalam setiap satu sendok makan garam himalaya terdapat hanya 1.700 mg sodium. Artinya peluang terjadi kenaikan tekanan darah dan masalah lainnya akan sangat kecil.

  1. Melancarkan pencernaan

Meski belum ada penelitian resmi yang mengatakan kalau sole water baik untuk pencernaan, beberapa orang membuktikan manfaat ini. Dengan rutin mengonsumsi air garam himalaya ini, tubuh akan mudah sekali melakukan pencernaan dan kondisi seperti sembelit tidak akan terjadi lagi.

  1. Meningkat level energi

Mengonsumsi sole water akan meningkatkan level energi dari seseorang. Fungsinya mirip sekali dengan air isotonik yang dijual di luaran sana. Banyaknya mineral yang terkandung di dalamnya membuat sole water bisa membuat tubuh jadi lebih segar dan tidak mudah lemas.

  1. Manfaat lainnya

Selain empat manfaat di atas, sole water juga dianggap mampu memberikan banyak manfaat seperti melakukan detoks di tubuh dan menormalkan lagi keasamannya, membuat gula darah stabil, meningkatkan kesehatan tulang, dan mencegah munculnya alergi pada tubuh.

Cara Membuat Sole Water di Rumah

Sole water mudah sekali dibuat karena yang dibutuhkan hanya garam himalaya dan juga air. Begini cara membuat sole water yang benar dan mudah:

  • Masukkan garam himalaya ke dalam wadah seperti toples kecil hingga tiga per empat penuh.
  • Tuangkan air ke dalam toples hingga sisa ruangan yang ada di dalam toples menjadi penuh.
  • Tutup dan diamkan selama 12-24 jam sebelum digunakan.

Kalau garam di dalam toples larut dan tinggal sedikit, berarti jumlahnya masih belum cukup dan harus ditambah lagi. Buat garam tetap utuh dan air sudah tercampur dengan garam secara penuh. Kalau sudah seperti ini sole water sudah bisa digunakan untuk minuman dan meningkatkan kesehatan dari tubuh.

Cara dan Aturan Minum Sole Water

Lalu, bagaimana cara minum sole water yang benar? Begini caranya:

  • Ambil sekitar satu sendok makan dari air yang ada di dalam toples
  • Campurkan dengan satu gelas air
  • Aduk dengan rata dan segera minum

Minumlah sole water yang memiliki suhu ruangan dan minum sebanyak sekali sehari untuk mendapatkan manfaatnya yang besar.

 

Siapa yang Dianjurkan Minum Sole Water?

Secara umum semua orang bisa mengonsumsi sole water dengan jumlah terbatas. Artinya, dalam satu hari hanya 1 gelas atau maksimal 2 gelas saja.

Kalau mengonsumsi lebih dari itu mungkin saja menyebabkan masalah pada tubuh. Jadi, kalau ingin memasukkannya dalam diet, pastikan tidak mengonsumsi garam lainnya.

Meski semua orang boleh mengonsumsinya, beberapa kelompok orang yang mengalami masalah kesehatan tidak dianjurkan minum. Kelompok itu adalah mereka yang mengalami gangguan pada ginjal dan juga hipertensi. Apa pun jenis garam yang digunakan, konsumsi sodium harus dikurangi.

Inilah ulasan tentang sole water yang terbuat dari air dan juga garam himalaya. Dengan mengonsumsi air di atas, kesehatan tubuh akan meningkat meski penelitian terkait manfaat ini masih sangat sedikit. Kalau Anda memiliki masalah dengan hipertensi atau penyakit yang sensitif dengan sodium, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dahulu dengan dokter.