Terbit: 7 Agustus 2018 | Diperbarui: 8 Desember 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Soda kue atau baking soda merupakan bahan pengembang yang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue. Tapi selain sebagai pembuat kue, soda kue juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Para pecinta masker DIY tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan soda kue untuk wajah. Apa saja manfaat soda kue untuk wajah?

Cerahkan Kulit hingga Angkat Komedo, Ini 6 Manfaat Soda Kue untuk Wajah!

Manfaat Soda Kue untuk Wajah

Soda kue biasa digunakan untuk bahan masker atau scrub wajah alami. Penggunaannya bisa digabungkan dengan bahan alami lainnya atau cukup dengan dicampurkan dengan air.

Berikut adalah manfaat baking soda atau soda kue untuk wajah!

1. Membantu Mengangkat Komedo

Manfaat soda kue untuk wajah yang pertama adalah dapat membantu mengangkat komedo.

Penggunaan scrub baking soda di bagian hidung sangat direkomendasikan sebelum Anda menggunakan pore strips untuk mengangkat komedo. Tujuannya adalah untuk memunculkan komedo ke permukaan sehingga lebih banyak komedo yang akan menempel pada pore strips.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Sifat antiinflamasi, antifungal, dan juga antibakteri dalam soda kue juga tentunya akan membuat komedo tidak kembali lagi, asalkan Anda menggunakan masker baking soda ini secara rutin.

2. Meredakan Gatal dan Iritasi

Manfaat selanjutnya masih berhubungan dengan sifat antiinflamasi dan antibakteri dari baking soda.

Baking soda mampu meredakan gatal dan juga iritasi. Bisa dikatakan bahwa ini bukan hanya merupakan manfaat soda kue untuk wajah, tetapi juga merupakan manfaat soda kue untuk seluruh kulit tubuh kita.

Cara menggunakan baking soda untuk meredakan gatal dan juga iritasi bisa dengan cara mencampurkan baking soda dengan air, lalu pergunakan air tersebut untuk membasuh atau mengompres bagian kulit yang terasa gatal dan juga terkena iritasi

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat yang sudah hilang sering meninggalkan bekas yang sangat mengganggu di wajah berupa flek hitam.

Soda kue dipercaya dapat mengurangi flek hitam tersebut. Manfaat soda kue untuk wajah yang satu didapatkan dari sifat soda kue yang bisa menjadi eksfoliator.

Penggunaan scrub baking soda dapat membantu pengangkatan sel kulit mati dengan pengelupasan kulit. Kulit yang baru pun akan tumbuh dan bekas jerawat akan ikut tersamarkan.

4. Mengatasi Sunburn

Sunburn tidak hanya membuat kulit gosong, tetapi juga terasa kering dan gatal.

Gejala sunburn ini bisa berkurang dengan bantuan soda kue. Sifat antiinflamasinya dalam baking soda yang membantu mengatasi masalah kulit akibat sunburn tersebut.

Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue dengan air dingin hingga membentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada bagian kulit yang mengalami sunburn. Anda akan merasakan sensasi dingin di kulit selama menggunakan masker tersebut. Diamkan masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Mencerahkan Kulit

Sebagai eksfoliator, baking soda jelas mampu untuk mencerahkan tone kulit kita.

Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan perasan lemon. Baking soda sebagai eksfoliator akan membantu mencerahkan dengan cara mengangkat sel kulit mati, sedangkan vitamin C yang ada pada lemon bertugas untuk mengontrol produksi melanin pada kulit.

6. Mengatasi Kulit Bersisik

Manfaat baking soda untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengatasi kulit bersisik.

Kulit bersisik juga kemungkinan terjadi akibat penumpukan sel kulit mati. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air yang akan digunakan untuk mandi atau berendam.

Pada bagian wajah, Anda bisa memilih untuk mengompres wajah dengan campuran air tersebut. Baking soda yang ada pada air akan mampu menaikkan pH air, sehingga air tersebut mampu untuk mengelupaskan sisik yang ada di kulit.

Baking soda memang merupakan bahan yang sangat berguna untuk kecantikan. Tetapi bukan berarti Anda dapat menggunakan soda kue dengan bebas untuk wajah Anda. Terdapat beberapa penelitian yang menyarankan untuk tidak menggunakan baking soda untuk kulit wajah karena baking soda merupakan bahan yang cukup keras untuk kulit.

Hal ini berkaitan dengan pH soda kue yang mencapai 9 dan terbilang lumayan jauh dengan pH kulit alami yang berkisar antara 4.5 hingga 5.5 saja. Pada sebagian orang, penggunaan baking soda juga bisa menimbulkan iritasi dan rasa gatal pada kulit.

Jika ingin tetap menggunakan soda kue untuk perawatan wajah, pastikan bahwa kulit Anda bukan kulit yang sensitif. Selain itu, lebih baik langsung hentikan pemakaian jika terjadi reaksi kulit yang tidak diinginkan.

 

Sumber:

  1. Agarwal, Smriti. 8 Ways to Use Baking Soda For The Most Common Skin Problems. https://food.ndtv.com/beauty/8-ways-to-use-baking-soda-for-the-most-common-skin-problems-1682288. (Diakses 8 Desember 2019).
  2. Sudhan, Hari Hara. 2019. 20 Beauty Benefits Of Baking Soda you Must Know!. (Diakses 8 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi