Terbit: 16 Januari 2019 | Diperbarui: 22 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tidak semua orang memiliki kulit normal. Ada orang-orang tertentu yang memiliki kulit bermasalah. Salah satu yang sering dialami adalah kulit kering. Jika Anda termasuk orang dengan kulit kering maka pilihlah skincare untuk kulit kering.

9 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering dan Kusam

Memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit adalah hal yang tepat. Ini bisa menghindari munculnya masalah kulit lain dan memperbaiki kondisi kulit. Oleh karena itu, ikuti beberapa tips memilih skincare untuk kulit kering dan kusam yang ada di bawah ini!

Apa itu kulit kering?

Kulit kering adalah sebuah kondisi di mana kulit kekurangan aktivitas kelenjar minyak. Kondisi kulit kering juga diartikan kulit yang kehilangan kelembapan atau cairan. Berkurangnya kelembapan, cairan, dan aktivitas kelenjar minyak membuat kulit terasa keras.

Kondisi kulit kering juga ditandai dengan adanya permukaan kulit yang pecah-pecah dan bersisik. Hal inilah yang membuat kulit kering lama kelamaan menjadi terlihat kusam. Jadi, orang dengan kulit kering biasanya juga memiliki masalah kulit kusam.

Tips memilih skincare untuk kulit kering dan kusam

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli skincare tertentu, ketahuilah sebuah tips terlebih dahulu. Anda perlu mengetahui tips memilih skincare untuk kulit kering dan kusam sehingga Anda akan menggunakan skincare yang tepat bagi kulit Anda yang kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Berikut ini adalah beberapa tips memilih skincare untuk kulit kering dan kusam:

1. Pilihlah yang mengandung pelembap

Tips memilih skincare untuk kulit yang pertama adalah dengan memilih skincare yang mengandung bahan yang dapat menghidrasi kulit seperti urea, gliserin, asam laktat, lanolin, dan petroleum. Kandungan bahan tersebut pada skincare bisa mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit sehingga tidak kering.

2. Pilih water based skincare

Kandungan pelembap di dalam sebuah skincare akan semakin baik jika skincare tersebut berbahan dasar air. Skincare tersebut bisa mengembalikan kadar kelembapan dan kadar air yang bisa mengatasi kulit dari kekeringan.

3. Pilih skincare yang ada kandungan minyak

Sangat disarankan bagi pemilik kulit kering untuk memilih skincare yang memiliki kandungan minyak. Ada beberapa jenis minyak yang sangat baik bagi kulit seperti minyak zaitun, minyak jojoba, shea butter, dan lainnya.

4. Utamakan pilih skincare dengan tekstur krim

Sebaiknya pilihlah skincare yang memiliki tekstur krim daripada lotion. Utamakan skincare krim daripada skincare dengan tekstur lain. Hindari menggunakan skincare dengan bentuk sediaan bubuk karena bisa membuat kulit kering menjadi teriritasi.

5. Hindari yang mengandung alkohol

Janganlah memilih skincare yang memiliki kandungan alkohol. Terlebih lagi, terdapat kandungan alkohol yang tinggi di dalamnya. Alkohol bisa menghilangkan cairan yang terdapat di dalam kulit sehingga menjadi kering. Biasanya, jika setelah menggunakan toner, kulit terasa perih dan tertarik maka toner itu tidak cocok bagi kulit kering.

Apabila Anda ingin menggunakan toner atau penyegar maka pilihlah toner khusus untuk kulit sensitif atau kulit kering. Toner untuk kulit kering biasanya mengandung bahan glycolic acid, dan hydroxy acid. 

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

6. Hindari skincare dengan kandungan deterjen dan pewangi

Serupa dengan alkohol, hindarilah penggunaan skincare yang mengandung bahan deterjen dan pewangi. Zat-zat kimia yang ada di dalam keduanya bisa membuat kulit menjadi kering dan mudah teriritasi.

7. Pilihlah gentle skin cleanser

Pilihlah gentle skin cleanser mengandung formula bebas sabun agar kulit terhindar dari iritasi. Gentle skin cleanser juga bisa membersihkan kulit kering dengan lembut. Tidak heran bila skincare ini cocok untuk semua jenis kulit.

Hindarilah sabun pembersih wajah yang mengandung scrub karena dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, hindari juga sabun pembersih wajah yang berbahan dasar foam karena bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

8. Pilih sunblock yang memiliki proteksi UVB

Jika Anda ingin menggunakan sunblock maka pilihlah sunblock yang memiliki proteksi terhadap UVB. UVB (ultra violet B) adalah gelombang sinar matahari yang berbahaya bagi kulit terutama pada kulit kering. Ini bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering, teriritasi, dan gatal.

Baca Juga: 7 Vitamin yang Dibutuhkan Orang Kulit Kering

9. Pilih yang kaya kandungan vitamin

Vitamin adalah zat yang bagus untuk dimiliki sebuah skincare terutama bagi orang yang memiliki tipe kulit kering. Kandungan vitamin seperti vitamin A dan vitamin E bisa menutrisi kulit sehingga kondisi kulit membaik.

Apa penyebab kulit kering?

Kulit menjadi kering karena hilangnya kelembapan, cairan, atau berkurangnya aktivitas kelenjar minyak. Kedua hal tersebut terjadi disebabkan karena beberapa hal. Beberapa hal tersebut juga merupakan penyebab kulit kering.

Pertambahan usia adalah salah satu penyebab kulit menjadi kering. Tak heran jika kulit orang-orang yang lanjut usia menjadi kering. Tidak hanya orang tua, kulit kering juga bisa menimpa orang yang masih muda jika sering terpapar deterjen dan alkohol.

Penyebab kulit kering bisa dikarenakan penyakit kronis tertentu yang membuat kulit menjadi berkurang kelembapan dan aktivitas kelenjar minyaknya. Paparan sinar matahari atau berada di lingkungan yang cukup panas juga akan membuat kulit menjadi kering.

Hal ini dikarenakan udara di lingkungan panas akan kering dan membuat kulit kehilangan cairan dan kelembapan. Penyebab kulit kering juga dikarenakan lingkungan cukup dingin. Tak hanya panas, lingkungan yang dingin karena menggunakan AC juga bisa membuat kulit kering.

Efek jika kulit kering

Kondisi kulit kering akan membuat permukaan kulit mengalami keretakan dan pecah-pecah. Daerah kulit yang pecah-pecah atau retak berpeluang untuk terjadi iritasi. Kulit yang teriritasi biasanya akan terasa perih dan disertai rasa gatal.

Baca Juga: 6 Bahaya Kulit Kering, Bisa Menjadi Kanker Kulit?

Rasa gatal ini jika digaruk terus menerus bisa membuat kulit terluka dan akhirnya berdarah lalu bisa terjadi infeksi. Cukup luas bukan efeknya jika kulit kering? Oleh karena itu, Anda harus merawat kulit kering dengan benar.

Cara merawat kulit kering

Supaya kulit Anda terhindar dari rasa gatal, perih, atau ketidaknyamanan lainnya maka Anda perlu mengetahui beberapa cara merawat kulit kering. Cara merawat kulit kering cukup banyak.

Anda bisa memilih salah satu cara, yaitu dengan menggunakan skincare untuk kulit kering dan kusam. Jika Anda menggunakan skincare untuk kulit kering maka kulit kering Anda akan lebih terawat dan terhindar dari ketidaknyamanan. Jangan lupa juga untuk menerapkan berbagai cara memilih skincare untuk kulit kering seperti yang sudah dijelaskan di atas!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia

 

Sumber: 

  1. dr. Maria Dwikarya. 2003. Merawat Kulit & Wajah. Jakarta: Kawan Pustaka
  2. Aceng Ridwan Fauzi dan Rina. 2012. Merawat Kulit dan Wajah. Jakarta: Elex Media Komputindo


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi