Kulit Wajah Anda Kering? Ini 6 Tahap Mudah Perawatannya

kulit-cantik-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/tommerton2010

DokterSehat.Com– Bingung merawat kulit yang kering? Anda tak sendirian. Memang, kulit kering butuh perawatan yang berbeda ketimbang kulit normal. Bahkan, bila salah menggunakan skincare akan dengan mudah menyebabkan kulit breakout. Namun, jangan khawatir karena beberapa tips berikut akan membantu merawat kesehatan kulit kering.

Photo Credit: Flickr.com/tommerton2010

1. Tahap Pertama

Hal yang pertama-tama yang harus dilakukan untuk menjaga kulit kering tetap segar adalah dengan membasuh wajah dengan air. Namun, cara satu ini dapat disiasati dengan menyemprotkan spray yang sudah mengandung formula khusus untuk kulit kering.

2. Tahap Kedua

Langkah selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan cleanser. Dilansir dari laman Stylecraze, gunakan pembersih yang melembapkan kulit.

3. Tahap Ketiga

Jangan lupa untuk membasuhkan toner yang akan mengembalikan kesegaran kulit.

4. Tahap Keempat

Setelah itu, aplikasikan moisturizer pada seluruh kulit wajah Anda. Namun, akan lebih baik jika memilih moisturizer yang water-based untuk mengunci kelembapan sel kulit lebih optimal.

5. Tahap Kelima

Bagi Anda yang kerap menghabiskan waktu di luar ruangan, jangan sampai tidak menggunakan sunscreen. Dilansir dari Stylecraze, penggunaan sunscreen dengan SPF yang tinggi akan melindungi kulit secara optimal.

6. Tahap Keenam

Jika Anda menggunakan makeup, hindari menggunakan produk yang dapat menutup pori-pori. Pilihlah kosmetik dengan formula yang ringan. Misalnya saja menggantikan foundation dengan bb cream. Selain itu, gunakan water-based products untuk mencegah kulit mengalami breakout.

Sejumlah tahapan tersebut dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Kendati demikian, jangan sampai salah memilih produk. Pasalnya, menggunakan produk dengan kandungan bahan yang tidak tepat justru menjadikan kulit mengalami breakout.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Apalagi, air putih juga membantu sel-sel tubuh, termasuk kulit tetap terhidrasi.