Inilah Tanda Vagina Kering, Apa Penyebabnya?

doktersehat-vagina-kering1

DokterSehat.Com– Organ vital yang sensitif bagi wanita salah satunya adalah vagina. Ya, vagina harus selalu senantiasa dijaga kesehatannya . Seperti  kita tahu bahwa vagina merupakan daerah yang cukup sensitif, mudah terserang jamur serta bakteri sehingga menyebabkan berbagai penyakit.

Photo Credit : pexels.com

Vagina memiliki cairan pelumas alami yang akan selalu keluar bahkan saat sedang melakukan hubungan seks. Cairan ini juga memiliki fungsi untuk mempermudah penetrasi. Selain itu, karena cairan ini pula vagina akan selalu terasa lembap dan keadaan tersebut sangatlah normal.

Namun, tahukah Anda jika vagina juga bisa mengalami kekeringan. Kekeringan pada vagina dapat terjadi karena beberapa faktor seperti stres atau cemas. Bahkan, bisa terjadi karena terkena bahan kimia yang ada pada celana dalam.

Untuk itu, Anda harus mengenali tanda-tanda terjadinya kekeringan pada vagina agar  bisa mencari tahu solusi untuk mencegahnya atau menbuat vagina  kembali normal. Berikut adalah tanda-tanda Anda mengalami kekeringan pada vagina.

  1. Sulit Terangsang

Ketika pasangan Anda sedang merasa bergairah untuk melakukan hubungan seks, tapi ternyata Anda sulit untuk terangsang. Pastinya, pasangan Anda akan merasa tidak nyaman dan akan merasa kecewa. Tanpa Anda sadari bahwa ternyata Anda telah mengalami kekeringan pada vagina. Rasa stres dan cemas telah membuat vagina Anda kering sehingga menjadi sulit untuk terangsang.

2. Memakai Celana Jeans Ketat

Celana jeans ketat memang sangat nyaman dipakai baik untuk acara formal maupun no-formal. Namun saat Anda merasa tidak nyaman memakainya karena Anda merasa sakit pada vagina, itu tandanya Anda sudah mengalami kekeringan pada vagina.

Kekeringan pada vagina akan menyebabkan iritasi, sehingga saat Anda memakai celana ketat yang langsung menempel pada kulit, akan terasa sakit karena terjadi gesekan pada vagina yang mengalami kekeringan.

3. Panas, Gatal, serta Perih Saaat Buang Air Kecil

Anda mungkin pernah merasa panas dan gatal pada vagina. Hal ini disebabkan karena vagina Anda kering sehingga lebih sensitif. Selain itu, pada saat Anda ingin buang air kecil, vagina akan terasa perih dan sakit.

Tentu saja sangat tidak nyaman bahkan membuat Anda takut untuk buang air kecil. Segeralah konsultasikan pada dokter karena tanda-tanda ini cukup menggangu dan harus segera ditangani.