4 Penyebab Otot Tak Terbentuk Saat Latihan

fitnes-gagal-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak bangga memiliki tubuh berotot? Namun, cara untuk mendapatkan tubuh seperti itu tidak semudah yang Anda pikirkan, dibutuhkan olahraga yang cukup membutuhkan tenaga. Anda mungkin diharuskan pergi ke pusat kebugaran untuk latihan angkat beban. Dan untuk melakukan latihan tersebut Anda akan menghabiskan waktu serta biaya yang cukup banyak. Memang benar, untuk mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan, Anda harus rela menghabiskan waktu dan uang untuk mendapatkannya.

Photo Credit : pexels.com

Akan tetapi, tahukah Anda jika ada beberapa hal yang harus dihindari saat ingin fokus untuk membentuk otot tubuh Anda? Ada beberapa hal yang akan membuat otot Anda tidak membesar sekalipun Anda sudah melakukan latihan beban, diantaranya:

1. Overtraining

Mungkin sebagian dari pria yang pertama kali pergi ke pusat kebugaran akan merasa bersemangat dan ingin selalu berlatih dalam waktu lama. Namun tahukah Anda bahwa latihan yang berlebihan justru akan merugikan. Proses penumbuhan otot mengandalkan perusakan serat otot kurang dari dua hari untuk membangun dam menumbuhkan otot kembali. Seorang atlit lempar lembing, Steve Backley mengatakan bahwa jangan berlatih jika otot Anda masih pegal dan perhatikan tanda-tanda overtraining yaitu merasa lemas dan tidak nafsu makan.

2. Narsis

Tidak dapat dipungkiri lagi jika di pusat kebugaran akan ada banyak orang yang melakukan latihan beban bersama Anda, baik itu pria maupun wanita. Hal itu mungkin akan membuat Anda untuk menjadi narsis dan melakukan latihan yang hanya terlihat bagus di hadapan mereka dan cermin. Membentuk otot yang kuat tidak hanya melatih beberapa grup otot saja, jika Anda mengabaikan otot yang lain, maka akan terjadi ketidakseimbangan dan terjadi masalah postur tubuh. Untuk itu, Anda harus melatih semua bagian grup otot tubuh baik yang terlihat mauun tidak agar postur tubuh Anda menjadi seimbang.

3. Sok Kuat

Dalam melakukan latihan beban, Anda harus melakukannya secara bertahap. Tidak dianjurkan untuk langsung mengangkat beban yang cukup berat dan terlalu cepat di dalam program latihan. Jika Anda melakukan hal tersebut, Anda akan mengalami cedera dan juga kurang berefek pada massa otot sehingga otot Anda tidak akan terbentuk

4. Minuman Alkohol

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa minuman berlkohol tidak baik untuk kesehatan. Jika Anda sedang fokus untuk membentuk otot Anda, maka Anda harus menghindari minuman jenis ini. Karena alkohol mengandung gula yang tidak bisa diserap dan dipakai otot-otot Anda untuk pemulihan setelah latihan. Selain itu, saat Anda sedang meminum minuman beralkohol, Anda tidak akan sadar dan merasa lapar sehingga Anda akan memakan semua makanan yang ada di hadapan Anda.