Simak! Inilah 4 Manfaat Menyelam yang Jarang Diketahui Orang

manfaat-menyelam-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Menyelam adalah salah satu cara untuk melihat dan menikmati pemandangan bawah laut. Kegiatan ini cukup populer dan banyak disukai sekaligus menjadi hobi bagi sebagian besar orang. Menyelam pun memberikan banyak manfaat bagi seseorang. Selain dapat melihat indahnya pemandangan bawah laut, menyelam juga memiliki manfaat di bawah ini:

Photo Credit : pexels.com

  • Melatih Fisik dan Otot

Menyelam bisa juga disebut sebagai olahraga. Menurut pakar kebugaran Kelly Rockwood dari Women’s Health, para penyelam biasanya tidak sadar bahwa kegiatan yang mereka lakukan di bawah air sebenarnya tergolong aktivitas fisik yang cukup berat. Selama menyelam, seluruh otot tubuh akan melawan arus yang cukup berat. Tubuh memang terasa sangat ringan jika berada di dalam air, namun perlu diketahui, bahwa sebenarnya otot-otot tubuhlah yang mendorong beban tubuh sehingga menjadi lebih ringan. Maka tak heran jika para penyelam akan merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas tersebut.

  • Belajar Tenang dan Menghilangkan Stres

Pada saat menyelam, Anda diharuskan untuk selalu tenang dalam keadaan apapun agar kegiatan menyelam semakin lancar. Hal tersebut akan membuat Anda terbiasa tenang saat mengahadapi masalah apapun. Selain itu, bernafas secara perlahan dalam air dan melihat indahnya pemandangan bawah laut akan membuat pikiran Anda menjadi tenang sehingga stres yang Anda rasakan akan menghilang.

  • Membakar Kalori

Rupanya, menyelam juga bisa membakar kalori dalam tubuh. Dalam 30 menit Anda menyelam, maka Anda bisa membakar sekitar 400 kalori, namun tergantung dari berat badan, arus air, dan intensitas Anda menyelam. Karena mampu membakar kalori yang banyak, maka Anda disarankan untuk makan dan minum dengan porsi yang cukup untuk memberikan tenaga saat menyelam di bawah laut.

  • Lebih Mencintai Laut

Saat Anda menyelam dan menikmati keindahan bawah laut, tentu saja akan membuat Anda semakin mencintai laut. yang mulanya Anda suka membuang sampah sembarang di pantai, kini setalah tahu bagaimana indahnya pemandangan bawah laut, Anda akan merasa tidak tega untuk membuang sampah sembarangan di pantai lagi. Anda juga bisa selalu bersyukur kepada Sang Pencipta yang telah menciptakan pemandangan indah tersebut.