Sikat Gigi Bisa Cegah Hipertensi

Doktersehat-cara-membersihkan-gigi

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika rutin menyikat gigi hanyalah akan memberikan dampak berupa kondisi gigi dan mulut yang lebih sehat. Kita pun tidak akan mudah mengalami masalah seperti gigi berlubang yang menyakitkan. Padahal, pakar kesehatan menyebut manfaat sikat gigi lebih banyak dari itu. Kita bahkan bisa mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi jika rajin melakukannya.

Berdasarkan sebuah penelitian, didapatkan fakta bahwa mereka yang memiliki gigi dengan kondisi kerusakan yang minum dan gusi yang jauh lebih sehat cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Risiko untuk terkena hipertensi bahkan bisa ditekan hingga 20 persen lebih rendah.

Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari L’Aquila University, Italia. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mereka yang mengalami penyakit gusi harus lebih waspada dengan kondisi tekanan darah sehingga sebaiknya mulai rutin melakukan pemantauan tekanan darah demi mencegah datangnya hipertensi. Mereka juga harus lebih sering melakukan pemeriksaan atau perawatan gigi secara rutin.

Sebagai informasi, hipertensi menyerang 1 dari 3 orang Amerika Serikat. Masalahnya adalah penyakit ini juga terkait dengan kondisi mematikan seperti serangan jantung, stroke, hingga penyakit ginjal. Karena alasan inilah kita harus menjaga gaya hidup sehat, termasuk dalam hal rajin menyikat gigi demi mencegah datangnya penyakit ini.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hanya 54 persen orang yang memiliki tekanan darah normal tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang membantu mengendalikan tekanan darah. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang melibatkan 4.100 orang berjudul National Health and Nutrition Examination Survey, dihasilkan fakta bahwa 88 persen dari orang dengan kondisi periodontal harus mengonsumsi obat-obatan demi mengendalikan tekanan darah dalam tubuhnya. Jika tidak, maka risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular yang mematikan akan terus meningkat.

Melihat adanya fakta ini, kita memang sebaiknya rajin menyikat gigi setiap hari, khususnya di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur demi mencegah peningkatan tekanan darah. Selain itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan gigi setidaknya enam bulan sekali untuk mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut.