Sikat Gigi Bisa Cegah Diabetes?

pasta_gigi_sikat_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Hamzah Butt

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, tepatnya setelah makan dan sebelum tidur. Biasanya, karena rasa kantuk yang luar biasa, kita lebih sering melupakan menyikat gigi di malam hari sebelum tidur. Hal ini tentu akan menyebabkan kita lebih rentan terkena masalah gigi berlubang atau karang gigi.

Yang tidak disangka adalah, malas menyikat gigi ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Fakta mengejutkan ini diungkap oleh dr. Mark Hughes dari Harley Street Dental Studio, London, Inggris.

“Malas menyikat gigi bisa membuat bakteri semakin menumpuk di mulut. Bakteri ini bisa memasuki aliran darah melalui pembuluh darah kapiler gusi. Jika sampai pembuluh darah arteri kemudian mengalami penyumbatan akibat bakteri ini, maka berbagai penyakit akan muncul, termasuk diabetes tipe 2,” ungkap dr. Hughes.

Dr. Hughes juga mengungkap gejala lain dari diabetes seperti mudahnya rasa haus muncul, meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, kelelahan berlebihan sehingga mudah mengantuk, berat badan menurun drastis dan hilangnya massa otot, luka yang sulit sembuh, serta penglihatan yang mulai kabur.

Tak hanya diabetes, dr. Hughes juga menyebut kebiasaan malas menyikat gigi dan buruknya kondisi kesehatan mulut terkait dengan munculnya penyakit kardiovaskular, Alzheimer, dan kelahiran prematur pada ibu hamil.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk selalu menyikat gigi secara teratur setiap hari, khususnya di malam hari sebelum tidur. Selain itu, demi memastikan kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, rajin-rajinlah mengunjungi dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.