Terbit: 11 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang paling membahagiakan manusia adalah jika bertemu dengan belahan jiwanya. Memang, ada sebagian orang yang lebih suka untuk hidup sendiri tanpa pasangan, namun, cukup banyak orang yang mengaku tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan pasangan yang saling mencintai. Sebenarnya, siapa yang lebih tidak kuat hidup tanpa pasangan, pria atau wanita?

Siapa yang Lebih Tidak Kuat Hidup Tanpa Pasangan, Pria atau Wanita?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, disebutkan bahwa tanpa diduga, pria ternyata jauh lebih tidak kuat untuk hidup menjomblo atau tidak memiliki pasangan jika dibandingkan dengan wanita. Dalam penelitian ini, 61 persen kaum hawa mengaku merasa puas dengan pilihan hidupnya, termasuk saat memilih untuk tidak memiliki pasangan, berbanding dengan hanya 41 persen pria yang merasakan hal yang sama. Bahkan, 75 persen wanita mengaku mampu mendapatkan kebahagiaan meskipun hidup sendiri. Mereka juga cenderung tidak akan terburu-buru untuk mencari pasangan hidup jika baru saja menyelesaikan hubungan dengan pasangan sebelumnya. Hal ini tidak berlaku pada kebanyakan kaum pria.

Kaum pria yang pernah menjalani hubungan cinta yang serius akan mengalami perubahan hidup yang drastis saat berpisah dengan pasangannya. Hal inilah yang membuat mereka menderita saat harus hidup sendiri.

Mengapa kaum pria cenderung tidak kuat untuk hidup sendiri? Hal ini ternyata disebabkan oleh hilangnya teman untuk berbagi cerita sepanjang hari. Menurut pakar kesehatan, kaum hawa bisa lebih bebas mengekspresikan perasaannya dibandingkan dengan kaum pria yang cenderung terbiasa menahan perasaannya. Hal ini ternyata membuat pria tidak benar-benar mampu melepas emosi negatif dari dirinya. Hal yang berbeda terjadi dengan wanita yang cenderung lebih lepas untuk mengekspresikan apapun dengan teman-teman atau orang terdekatnya sehingga meskipun tidak memiliki pasangan, mereka bisa tetap bisa menikmati kehidupannya.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa pria juga cenderung lebih berat merasakan kehilangan jika dibandingkan dengan kaum hawa meskipun pada awal-awal proses kehilangan, biasanya pria terlihat lebih tegar dari wanita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi