Terbit: 22 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada cukup banyak faktor yang menyebabkan seseorang lebih rentan untuk terkena penyakit. Sebagai contoh, faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, pola makan, atau bahkan jenis kelamin. Sebagai contoh, kanker payudara cenderung lebih sering menyerang wanita meskipun ada pula pria yang mengalaminya. Sementara itu, stroke disebut-sebut lebih sering menyerang pria dibandingkan dengan wanita. Apakah hal ini benar adanya?

Siapa yang Lebih Rentan Terkena Stroke, Laki-Laki atau Perempuan?

Pakar kesehatan dr. Roslan Yusni Hasan menyebutkan kaum pria memang cenderung lebih rentan terkena stroke jika dibandingkan dengan wanita. Hanya saja, perbedaan resiko ini juga tidak terlalu banyak, yakni hanya 1,5 kali lebih besar.

Pria yang lebih akrab dipanggil dr. Ryu ini menyebutkan bahwa penyebab pria lebih rentan terkena stroke adalah kecenderungan kondisi jantung dan pembuluh darah wanita yang lebih sehat jika dibandingkan dengan yang ada pada tubuh pria, khususnya yang sudah berada dalam berusia subur. Wanita juga memiliki siklus menstruasi bulanan yang melibatkan cukup banyak hormon di dalam tubuh. Hormon-hormon ini ternyata ikut berperan dalam merawat kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan lebih baik. Hal ini sama sekali tidak terjadi pada tubuh pria.

Perbedaan kondisi tubuh inilah yang membuat sangat jarang kasus perempuan di usia subur terkena stroke atau serangan jantung. Sebaliknya, kita tentu pernah mendengar pria dengan usia yang tidak terlalu tua yang meninggal dunia akibat stroke.

Hal lain yang bisa membuat pria lebih rentan terkena stroke adalah masih banyaknya jumlah perokok di kalangan pria. Selain itu, pria juga cenderung lebih tidak memperhatikan kondisi kesehatannya dengan kerap begadang, mengkonsumsi makanan sembarangan, atau bahkan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Melihat tingginya resiko stroke pada pria, ada baiknya mereka mulai mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat agar tidak sampai terkena penyakit yang cukup mengerikan ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi