Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seberapa banyak berat tinja yang kita keluarkan setiap hari saat buang air besar? Banyak orang yang mengaku tubuhnya terasa lebih ringan setelah buang air besar. Bahkan, ada yang sampai sengaja menimbang berat badan sebelum dan sesuah buang air besar hanya demi ingin mengetahui seberapa banyak kotoran yang telah mereka buang.

Seumur Hidup, Setiap Manusia Keluarkan 11 Ton Tinja BAB!

Dikutip dari Live Science, Profesor Kim Barrett dari University of California, San Diego, berkata bahwa rata-rata pria dan wanita dewasa akan mengeluarkan 400-500 gram kotoran dalam sehari. Selain itu, rata-rata manusia memproduksi kotoran sebanyak 2 cm setiap detiknya saat buang air besar.

Jika kita mengeluarkan kotoran 400 gram dalam sehari, maka dalam seminggu kita akan mengeluarkan 2,8 kg kotoran dan dalam setahun, kita memprodusi 145 kg kotoran. Jumlah yang bahkan jauh lebih berat dari rata-rata berat badan orang dewasa.

JIka kita bandingkan dengan rata-rata harapan hidup warga Amerika Serikat, yakni 76 tahun bagi para pria dan 81 tahun bagi para wanita, maka rata-rata setiap pria akan mengeluarkan 11.030 kg kotoran seumur hidupnya dan wanita mengeluarkan 11.757 kg.

Mengingat populasi di muka bumi ini sudah mencapai 7,6 miliar manusia, maka jumlah kotoran yang sangat banyak ini tentu akan menjadi masalah tersendiri. Sebagai contoh, para pengunjung tempat wisata di Denali National Park and Reserve, Alaska, Amerika Serikat dari tahun 1951 hingga 2012 lalu meninggalkan 69 hingga 98 ton kotoran!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

PBB menyebutkan bahwa lebih dari 200 juta ton kotoran manusia tidak dikelola dengan baik dan 90 persen dari kotoran ini akhirnya dilepaskan ke sungai, danau, dan laut. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada sumber air bersih yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk minum dan aktivitas lainnya. Selain itu, sumber air bersih yang sudah terkontaminasi kotoran manusia juga bisa memicu datangnya berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Hmm, ada rencana untuk menimbang tinja setiap hari?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi