Terbit: 3 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ada banyak sekali pilihan treatment wajah yang bisa Anda lakukan di klinik kecantikan untuk menyelesaikan berbagai masalah di wajah Anda. Salah satu yang semakin populer belakangan ini adalah setrika wajah. Treatment yang satu ini cukup diminati karena tidak serumit filler maupun bedah plastik dan hasilnya juga tidak kalah memuaskan.

Manfaat Setrika Wajah dan Efek Sampingnya, Benarkah Aman?

Bagaimana cara kerja dan fungsi setrika wajah? Apakah terdapat bahaya setrika wajah yang mengintai jika kita melakukannya? Yuk, kenali lebih jauh tentang setrika wajah sebelum Anda memilih perawatan yang satu ini!

Apa Itu Setrika Wajah?

Setrika wajah atau dikenal juga dengan istilah radio frequency (RF) treatment adalah sebuah perawatan wajah yang memanfaatkan gelombang radio untuk memanaskan wajah hingga ke lapisan dalam kulit. Proses pemanasan ini kemudian akan memicu pertumbuhan kolagen baru yang akan langsung memberikan dampak pada jaringan kulit.

Kolagen merupakan protein alami dalam tubuh yang jumlahnya sangat banyak yaitu sekitar 30% dari keseluruhan protein tubuh. Selain sebagai pembangun jaringan kulit, kolagen juga merupakan pembentuk tulang, gigi, sendi, dan otot. Jumlah kolagen yang cukup merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik.

Fungsi setrika wajah yang paling umum adalah mengatasi gejala penuaan, sehingga kebanyakan orang yang memilih untuk melakukan treatment ini rata-rata adalah wanita berusia 30 tahun ke atas. Pada usia tersebut, produksi kolagen tentunya sudah tidak sebaik di usia 20an. Tapi tidak jarang juga wanita yang masih berumur 20an melakukan setrika wajah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Manfaat Setrika Wajah

Tentunya bukan tanpa alasan banyak orang yang sangat berminat pada perawatan setrika wajah. Berikut adalah 5 manfaat setrika wajah yang membuat setrika wajah sangat diminati!

1. Mengencangkan Kulit

Manfaat setrika wajah yang pertama adalah mampu mengencangkan kulit. Berbagai faktor dari luar dan dari dalam tubuh bisa menurunkan elastisitas dan kekencangan kulit seseorang Setrika wajah dapat mengencangkan kembali kulit yang sudah mulai kendur dan juga kehilangan elastisitasnya.

Selain di bagian wajah, RF treatment ini juga biasa diterapkan di bagian tubuh lainnya seperti paha dan juga perut. Tujuannya perawatan RF di bagian tubuh lainnya, selain untuk mengencangkan kulit, juga bisa untuk mengatasi selulit.

2. Menyamarkan Garis Halus dan Keriput

Efek yang juga bisa Anda dapatkan dari kulit yang semakin kencang tentunya adalah garis halus dan keriput di wajah yang semakin tersamarkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa perawatan ini banyak dilakukan oleh wanita berusia 30 tahun ke atas yang sudah mulai merasakan gejala penuaan.

Namun seiring dengan faktor lingkungan yang semakin mendukung timbulnya penuaan dini, mulai banyak wanita yang melakukan treatment ini sebagai tindakan pencegahan terhadap gejala penuaan.

3. Meniruskan Pipi

Pipi yang terlalu chubby terkadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Ternyata salah satu fungsi setrika wajah adalah dapat mengubah bentuk wajah sesuai dengan keinginan pasien. Jadi, jika Anda menginginkan pipi yang lebih tirus maka Anda bisa mencoba perawatan wajah yang satu ini.

Perawatan setrika wajah untuk membuat pipi dan wajah lebih tirus disebut dengan face contouring treatment. Jadi Anda bisa mendapatkan bentuk wajah yang Anda inginkan dengan lebih alami tanpa harus mengaplikasikan contour di wajah.

4. Mengatasi Double Chin

Sama seperti pipi chubby, double chin atau dagu yang berlipat juga bisa mengganggu panampilan seseorang. Menghilangkan double chin dengan cara menurunkan berat badan mungkin bisa dilakukan, tapi pastinya membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa memilih setrika wajah untuk mendapatkan bentuk wajah yang proporsional dengan lebih cepat.

5. Menghilangkan Kantung Mata

Manfaat setrika wajah selanjutnya adalah menghilangkan kantung mata. Kantung mata yang besar dan menghitam dapat membuat wajah kita terlihat tidak segar. Bahkan terkadang sulit untuk menutupi kantong mata menggunakan make up. Melakukan setrika wajah secara rutin dapat menghilangkan kantong mata dan membuat penampilan Anda lebih fresh.

baca juga : Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Efek Samping Setrika Wajah

Hampir setiap perawatan wajah memiliki efek sampingnya masing-masing. Hal ini tentunya membuat Anda bertanya-tanya tentang adakah bahaya setrika wajah? Pada dasarnya setrika wajah diklaim sebagai perawatan wajah tanpa efek samping.Setrika wajah tidak melibatkan pembedahan dan juga tidak mengharuskan Anda untuk mengonsumsi berbagai obat.

Jadi bisa dikatakan bahwa perawatan setrika wajah relatif aman. Namun, bukan berarti setrika wajah terbebas dari risiko sama sekali. Meskipun kasusnya jarang ditemui tetapi ada beberapa bahaya setrika wajah yang perlu Anda waspadai.

Pertama adalah munculnya reaksi wajah yang memerah dan bengkat seperti alergi, namun umumnya akan hilang dalam waktu beberapa jam saja. Kedua, adanya efek samping radiasi yang biasanya timbul pada pemilik kulit sensitif berupa rasa sakit selama proses treatment berlangsung. Terakhir, prosedur setrika wajah yang salah bisa menimbulkan bekas luka yang tidak bisa hilang.

Amankah Menggunakan Alat Setrika Wajah Sendiri di Rumah?

Kemudahan setrika wajah dan juga banyaknya manfaat setrika wajah pun menarik perhatian pembuat alat kecantikan untuk menciptakan setrika wajah portable. Alat setrika wajah ini tentunya lebih praktis dan juga ekonomis untuk digunakan daripada harus melakukan setrika wajah di klinik kecantikan. Tapi, apakah setrika wajah sendiri di rumah aman?

Karena setrika wajah merupakan perawatan minim efek samping, setrika wajah menggunakan alat setrika wajah portable ternyata aman. Tapi sayangnya efek yang didapatkan juga tidak sebesar jika melakukan setrika wajah di klinik kecantikan.

Setrika wajah portable lebih memiliki fungsi untuk membersihkan wajah lebih maksimal namun tidak dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti setrika wajah biasa.

Tips Melakukan Setrika Wajah

Perawatan setrika wajah memang terbilang aman untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ini tips yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan setrika wajah:

  • Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter sebelum melakukan setrika wajah.
  • Jangan pilih tempat setrika wajah sembarangan. Pastikan dokter atau ahli kecantikan yang manangani sudah memiliki izin dan sertifikat untuk melakukan praktek tersebut.
  • Jangan mengharapkan hasil yang permanen tanpa adanya perawatan rutin. Umunya efek dari setrika wajah ini akan hilang dalam waktu dua minggu hingga satu bulan saja. Treatment setrika wajah memang harus dilakukan secara rutin jika Anda menginginkan hasil yang permanen.
  • Sebelum melakukan setrika wajah, hindari kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung paling tidak dua minggu sebelum perawatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kulit yang mungkin bisa meleouh.
  • Selain melindungi kulit dari sinar matahari, penggunaan serum atau krim malah juga sebaiknya dihentikan sebelum melakukan setrika wajah.

Hasil permanen dari setrika wajah memang hanya dapat dirasakan jika kita melakukan perawatan secara rutin. Namun ada juga sebagian orang yang memilih perawatan ini untuk acara tertentu saja seperti ketika ingin menjalani pernikahan ataupun hari besar lainnya.

Biaya untuk setrika wajah memang tidak dapat dikatakan murah, tergantung pada klinik kecantikan yang Anda pilih. Ada yang memasang harga ratusan ribu dan tidak sedikit yang memasang harga hingga puluhan juta rupiah. Apapun yang Anda pilih, yang terpenting adalah dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi