Terbit: 17 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Ketika hasil test pack menunjukkan hasil positif, Anda tentu merasa sangat bahagia. Tentu saja Anda boleh larut dalam kebahagiaan, namun jangan lupa bahwa masih ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Dengan persiapan yang baik, Anda dapat menyambut kelahiran buah hati dengan lebih mudah. Lalu apa saja yang perlu dilakukan setelah positif hamil?

doktersehat-kehamilan-hamil-pregnancy

Mencari layanan kesehatan yang tepat
Anda bisa mulai mencari dokter atau bidan yang sesuai dengan keinginan Anda. Pertimbangkan lokasi praktek, fasilitas dan biaya yang dibutuhkan untuk konsultasi dan perkiraan biaya persalinan dan perawatan lainnya. Anda bisa mencari rekomendasi tersebut dari saran keluarga, teman atau rekan kerja, atau mencari rekomendasi online dari forum seputar kehamilan.

Konsultasi kehamilan
Jika sudah mendapatkan dokter atau bidan yang diinginkan, sebaiknya segera lakukan konsultasi. Saat konsultasi, Anda akan menjalani serangkaian pemeriksaan mulai dari pemeriksaan fisik, tekanan darah, tes darah, tes infeksi, dan sebagainya. Beri tahu dokter atau bidan tentang riwayat kesehatan Anda atau jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Berhenti makan makanan yang tidak sehat
Saat hamil, Anda membutuhkan makanan sehat dan bergizi untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda dan bayi. Pelajari makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat hamil dan berhentilah mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet, pewarna berbahaya, dan makanan tidak sehat lainnya.

Perbanyak makanan yang mengandung asam folat, kalsium, zat besi, zinc dan serat. Beberapa makanan mungkin perlu Anda hindari seperti makanan mentah atau yang diolah setengah matang. Anda juga harus memperbanyak cairan untuk mencegah sembelit dan kelelahan.

Olahraga
Meskipun hamil, Anda tetap disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Sebaiknya lakukan olahraga 30 menit setiap hari dalam seminggu. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain berenang atau jalan kaki. Selain untuk melancarkan peredaran darah, olahraga juga baik untuk meredakan stres.

Istirahat yang cukup

Di awal kehamilan, Anda mungkin merasa cepat lelah atau mengalami morning sick. Hal ini wajar terjadi karena perubahan hormon yang cepat. Jika memungkinkan, Anda bisa meluangkan waktu untuk tidur siang di kantor, atau jika Anda tidak bisa tidur, gunakan waktu yang ada untuk bersantai.

Persiapkan keuangan dengan matang
Kebutuhan si kecil tentunya akan mengubah anggaran keuangan bulanan Anda. Belum terlambat untuk menyiapkan anggaran bersalin dan kebutuhan bayi, serta pertimbangkan juga untuk mulai menabung demi masa depan bayi Anda.



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi