Setelah Operasi, Pasien Harus Menghindari Pantangan Ini

doktersehat-sakit-infus-tangan
Photo Credit: Attila Malarik

DokterSehat.Com– Agar masa pemulihan pasca operasi bisa lancar dan membuat pasien benar-benar sembuh, ada baiknya pasien menghindari beberapa pantangan setelah operasi.

Proses pemulihan pasca operasi memang harus dilakukan oleh pasien karena di saat tersebut kondisinya belum benar-benar sehat seperti sedia kala. Sebagai contoh, ibu yang baru saja menjalani operasi caesar membutuhkan waktu sekitar 6 atau 8 pekan sebelum benar-benar bisa melakukan aktifitas seperti sedia kala. Berikut adalah beberapa pantangan pasca operasi yang harus dihindari.

Makan dengan porsi sedikit
Banyak masyarakat yang berpikir jika setelah operasi, ada baiknya pasien tidak makan terlalu banyak. Padahal, dalam realitanya, tubuh membutuhkan banyak sekali nutrisi dari makanan demi mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan luka. Makanan-makanan yang kaya akan protein seperti daging merah, telur, makanan laut, dan susu sangatlah direkomendasikan. Selain itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan asupan air putih dalam sehari.

Tiduran saja
Meskipun disarankan untuk beristirahat, bukan berarti pasien hanya tidur saja. Cobalah untuk tetap aktif bergerak meskipun sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan. Dengan rajin melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki, maka sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar dan proses penyembuhan pun bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Langsung beraktivitas
Meskipun tubuh tetap terasa bugar atau tidak merasa sakit setelah operasi, bukan berarti pasien bisa langsung melakukan aktivitas berat. Jika dilakukan, bisa luka operasi kembali terbuka dan tidak kunjung pulih.

Jika ada anggota keluarga yang baru saja menjalani operasi, pastikan untuk mengingatkan pantangan ini pada mereka ya, Sobat Sehat?