Kok Bisa Setelah Minum Kopi Perut Jadi Mulas?

kopi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ikarusmedia

DokterSehat.Com– Tak hanya bisa membuat kita menghilangkan kantuk, kopi ternyata juga bisa memberikan efek lain bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, banyak orang yang mengeluhkan sensasi perut mulas setelah mengonsumsinya. Sebenarnya, apa sih penyebab dari sensasi perut mulas setelah minum kopi?

Dilansir dari Live Science, sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Gut pada 1990 silam menyebutkan bahwa sebagian orang memang bisa mengalami gejala berupa perut mulas atau masalah pencernaan lainnya setelah minum kopi. Dalam penelitian ini, para peneliti menduga bahwa kandungan dalam kopi bisa memberikan dampak bagi jaringan epitel pada usus halus dan saluran pencernaan lainnya. Hal ini ikut memicu dampak buruk bagi kondisi pencernaan.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa kandungan kafein dalam kopi bisa memicu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi di dalam perut yang bisa memicu peningkatan aktivitas usus besar. Hal ini akan membuat perut mulai mengalami sensasi mulas. Hanya saja, ada orang yang sudah mengonsumsi kopi tanpa kafein yang juga mengalami sensasi yang sama sehingga para peneliti pun menduga ada zat lain yang juga bisa menyebabkan masalah pencernaan tersebut.

Tak hanya perut mulas, minum kopi juga membuat kita cenderung lebih mudah merasakan sensasi ingin buang air kecil. Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of Human Nutrition and Dietetics pada 2003 lalu menyebutkan bahwa sebagian orang yang tidak terbiasa minum kopi memang cenderung akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil. Hanya saja, jika kita terbiasa minum 2-3 gelas kopi setiap hari, efek ini cenderung tidak akan mudah kita dapatkan.