Menangis adalah hal yang wajar dilakukan oleh siapa saja. Tak hanya karena rasa sedih atau kekecewaan, terkadang hal ini juga disebabkan oleh rasa haru atau bahagia. Satu hal yang pasti, setelah menangis, kita akan cenderung mengalami mata merah. Sebenarnya, apa penyebab dari perubahan warna mata menjadi merah ini?

mata-menangis-doktersehat

Penyebab Mata Merah Setelah Menangis

Pakar kesehatan Profesor Jeremy Turtle dari University of Virginia Health System menyebut ada alasan mengapa warna mata berubah menjadi merah setelah menangis. Hal ini ternyata terkait dengan air mata. Sebagai informasi, keluarnya air mata ini juga mempengaruhi suplai darah pada kelenjar mata. Hal ini membuat pembuluh darah yang menuju kelenjar mata ikut melebar. Dampaknya membuat semakin banyak darah yang menuju mata dan akhirnya membuat mata merah.

Normalnya, ukuran pembuluh darah yang menuju mata ini sangat kecil sehingga hampir tidak bisa kita lihat dengan mudah. Hanya saja, saat menangis, maka kelenjar air mata akan segera memompa sekresi demi menjaga kelembapan pada mata. Pembuluh darah akan ikut melebar demi memastikan kebutuhan cairan ini terpenuhi. Hal inilah yang kemudian membuat mata menjadi merah.

Meski kondisi mata terlihat merah dan menakutkan, dalam realitanya hal ini sangat normal terjadi dan tak perlu dikhawatirkan. Kita juga tak perlu memberikan obat tetes mata demi mengatasinya karena warna mata akan normal dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

Berbagai Manfaat Kesehatan dari Menangis

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita melepaskan emosi sambil menangis.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Bisa Membuat Ketegangan Lepas

Manfaat yang akan sangat kita rasakan jika menangis adalah melepaskan ketegangan yang sebelumnya kita rasakan. Menariknya, hal ini ternyata berpengaruh besar pada kepribadian wanita dan pria. Wanita yang cenderung lebih lepas dan bisa menangis tidak mudah cemberut dibandingkan dengan pria yang cenderung lebih jarang menangis.

Setelah menangis, kita juga akan mengalami sensasi lega dari berbagai macam beban pikiran yang sebelumnya membebani. Hal ini tentu akan bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental.

  1. Bisa Membersihkan Mata dari Berbagai Kotoran

Fungsi utama dari air mata adalah membersihkan kotoran atau benda asing dari dalam tubuh. Jika kita menangis, maka akan ada banyak air mata untuk melumasi mata. Hal ini bisa membantu menghilangkan berbagai macam kotoran sehingga mata pun akan terasa jauh lebih nyaman dan segar.

  1. Melawan Berbagai Macam Bakteri

Tak hanya debu dan kotoran, bisa jadi pada mata kita juga terdapat bakteri yang masuk dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Air mata bisa melawan bakteri ini karena memiliki kandungan enzim lisozim. Pakar kesehatan bahkan menyebut enzim ini bisa membunuh bakteri hanya dalam waktu lima menit saja.

  1. Bisa Membantu Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Air mata ternyata termasuk dalam salah satu mekanisme tubuh dalam mengeluarkan berbagai macam racun. Hal ini berarti, dengan menangis, kita juga membantu tubuh terbebas dari berbagai macam racun sehingga tubuh pun akan terasa jauh lebih sehat dan bugar.

  1. Meningkatkan Penglihatan

Mata yang terjaga kelembapannya, bersih dari berbagai macam debu dan kotoran, dan terbebas dari iritasi tentu akan terasa jauh lebih jernih. Hal ini tentu akan berimbas pada penglihatan yang jauh lebih baik. Mata juga akan terasa jauh lebih nyaman.

 

Sumber:

  1. O’Connell, Claire. 2011. Why do your eyes go red when you cry?. www.irishtimes.com/news/health/why-do-your-eyes-go-red-when-you-cry1.572900#:~:targetText=When%20you%20cry%20though%2C%20the,start%20to%20see%20the%20redness. (Diakses pada 13 Januari 2020).