Setelah Melahirkan, Wanita Ini Tidak Mandi Sebulan Penuh

DokterSehat.Com – Ibu berusia 40 tahun yang dikenal dengan nama Terry mengaku memilih untuk menjalani tradisi setelah melahirkan yang sangat unik dan diterapkan para wanita di Tiongkok bernama postpartum confinement. Tradisi ini membuatnya harus melakukan karantina selama sebulan penuh setelah melahirkan demi pemulihan. Tak hanya tidak menerima tamu ataupun meninggalkan rumah, Terry juga memilih untuk tidak mandi selama 30 hari!

Meskipun terlihat aneh, apa yang dilakukan oleh Terry ini ternyata bisa membantu ibu yang baru saja melahirkan untuk mendapatkan pemulihan tubuh dengan lebih baik. Tak hanya itu, tradisi ‘mengurung diri’ di dalam rumah ini juga bisa membangun ikatan antara bayi dan ibu dengan lebih baik tanpa mendapatkan gangguan apapun.

Yang menarik adalah, Terry mengaku tidak nyaman dengan aroma tubuhnya sendiri karena berminggu-minggu tidak mandi, namun ia memilih untuk teguh menjalani tradisi ini. Hanya saja, Terry juga masih memperhatikan kebersihan tubuhnya, khususnya pada organ vitalnya dengan cara rutin mencucinya. Selain itu, agar rambutnya tidak kotor atau mengalami gatal-gatal, Terry juga memilih untuk memakai baking powder demi mengatasi masalah minyak berlebih.

Jika Terry mendapatkan kehamilan dan kemudian melahirkan lagi, ia juga akan kembali melakukan tradisi ini. Menurutnya, ia mampu pulih dengan lebih cepat sehingga tidak mudah mengalami kelelahan fisik dan mental setelah melahirkan. Hal ini tentu berpengaruh besar bagi perawatan yang didapatkan buah hatinya.

Sebagaimana kita ketahui, banyak ibu hamil yang mengalami baby blues syndrome setelah melahirkan karena merasa lelah dan kebingungan untuk merawat buah hatinya. Tradisi ini disebut-sebut bisa menurunkan risiko terkena masalah ini.