Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Melahirkan adalah proses yang membutuhkan banyak tenaga. Tidak heran jika ibu membutuhkan asupan makan dengan gizi tinggi untuk menggantikan tenaga yang hilang setelah melahirkan. Lalul, menu apa saja yang sebaiknya disantap bagi wanita yang baru saja melahirkan?

Setelah Melahirkan, Ini Pilihan Makanan yang Tepat Untuk Para Ibu

Photo Credit: Reader’s Digest

Pilihan menu bagi ibu setelah melahirkan

Setelah melahirkan, Anda kini sudah bisa memeluk dan mendekap si kecil yang sudah lama dinantikan kehadirannya. Namun jangan lupa untuk menjaga pola makan Anda. Selain untuk membantu pemulihan energi, Anda juga butuh banyak tenaga untuk menyusui.

Beberapa pilihan menu yang disarankan untuk ibu setelah melahirkan antara lain:
1. Karbohidrat kompleks
Mengapa karbohidrat kompleks? Karbohidrat kompleks dicerna lebih lama dalam perut Anda dibanding dengan karbohidrat sederhana. Dengan demikian ibu akan kenyang lebih lama dan mendapat energi yang lebih banyak untuk waktu yang lama. Selain itu karbohidrat kompleks seperti gandum dan sereal juga mengandung leih banyak vitamin dan mineral ketimbang karbohidrat sederhana.

2. Protein tinggi

Setelah melahirkan, masukkan protein tinggi pada menu harian Anda. Protein diperlukan untuk memperbaiki jaringan yang rusak setelah persalinan. Selain itu protein juga dapat memberi tambahan energi untuk beraktivitas. Beberapa sumber protein tinggi yang diperlukan antara lain adalah susu, telur, kacang-kacangan, yoghurt, daging tanpa lemak, kacang-kacangan.

3. Kurangi gula dan kafein
Minuman mengandung gula atau kafein yang tinggi mungkin dapat membantu Anda lebih bersemangat dan membuat Anda kembali bertenaga. Namun konsumsi kafein dapat membuat detak jantung Anda bekerja lebih cepat. Selain itu mengonsumsi makanan dan minuman dengan gila tinggi juga dapat membuat kadar gula darah Anda melonjak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Perbanyak cairan tubuh
Setelah melahirkan, Anda perlu menjaga asupan cairan tubuh dengan baik. Kekurangan cairan dapat menyebabkan Anda dehidrasi sehingga mudah merasa ngantuk dan lelah. Karena itu selalu sediakan air putih di dekat Anda ya Mom!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi