Penyebab Wanita Hamil Sering Mengalami Sesak Napas

sesak-napas-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Seiring dengan berjalannya waktu, ada beberapa hal yang membuat wanita hamil sulit sekali melakukan aktivitas khususnya saat mereka tidur. Selain itu, wanita juga kerap sekali mengalami gangguan pernapasan, sehingga bergerak sedikit sudah ngos-ngosan. Apa penyebab dan cara mengatasi sesak napas saat hamil?

Sesak napas yang terjadi secara alami

Sebenarnya, kondisi susah napas adalah hal yang biasa pada wanita hamil. Beberapa wanita merasa tidak nyaman dengan kondisi ini. Bahkan, mereka jadi kerap lemas dan tidak melakukan aktivitas hariannya. Sebenarnya penyebab wanita sering mengalami sesak napas saat hamil apa ya? Berikut ulasan selengkapnya.

Ada beberapa penyebab sesak napas saat hamil yang terjadi secara alami, namun jarang disadari oleh para ibu. Berikut penyebabnya:

  1. Pertumbuhan janin di dalam rahim

Janin yang menempel di rahim akan mengalami pertumbuhan perlahan-lahan sejak trimester pertama. Ukuran rahim yang tidak besar membuat tekanan dari janin akan mulai mendesak ke bawah, khususnya serviks dan ke atas menuju arah dari diafragma. Desakan ini menyebabkan wanita sudah sekali bernapas dengan lega.

Pertumbuhan janin pada rahim bisa menekan diafragma atau jaringan yang memisahkan area jantung dan perut. Tekanan yang kuat ini membuat ibu hamil jadi susah bernapas dengan lega.

  1. Kerja dari jantung yang meningkat

Saat mengandung, organ jantung wanita akan mengalirkan banyak sekali darah ke seluruh tubuh termasuk janin. Nah, kerja jantung yang cukup besar ini juga memicu penyebab sesak napas saat hamil yang dialami oleh wanita. Kesulitan napas ini akan mulai terasa pada trimester kedua saat janin mulai tumbuh besar dan bisa bergerak di dalam rahim.

  1. Adanya perubahan hormon

Selama hamil akan adan perubahan hormon di dalam tubuh wanita khususnya progesteron. Hormon ini membuat pernapasan menjadi lebih cepat sehingga beban kerja dari paru-paru akan lebih besar.

Sesak napas yang terjadi karena penyakit

Selain dipicu oleh kondisi janin dan juga kerja organ yang jauh lebih besar, sesak napas saat hamil juga dipicu oleh kondisi medis di bawah ini:

  1. Emboli paru

Kondisi tertentu membuat gumpalan darah akan masuk ke arteri yang ada di paru. Kondisi ini menyebabkan seorang menjadi mudah batuk, sering nyeri di area dada, dan sesak napas muncul dengan cukup intens.

  1. Asma

Wanita hamil yang memiliki asma dan juga mengalami gangguan tekanan darah akan mudah kambuh. Kondisi asma ini akan menyebabkan masalah besar sehingga penanganan harus segera dilakukan.

  1. Gagal jantung

Selama kehamilan wanita juga bisa mengalami gagal jantung dan menyebabkan mereka mengalami sesak napas. Cara termudah untuk mengetahui ada atau tidaknya gagal jantung bisa dilihat dari  tekanan darah, mudah lelah, bengkak di kaki, dan jantung terus berdebar.

Cara mengatasi sesak napas saat hamil

Sesak napas yang berlebihan memang akan memberikan dampak negatif pada ibu hamil. Kondisi ini menyebabkan mereka susah sekali melakukan aktivitas harian hingga tidur pun kurang nyenyak. Kalau sesak napas saat hamil yang terjadi sudah dalam kategori berlebihan, ada baiknya wanita memperbaiki posisi duduk atau tidurnya.

Kalau sesak napas dipicu oleh kondisi medis tertentu seperti asma, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Wanita tidak bisa sembarangan minum obat karena tubuh bisa mengalami gangguan dan berakibat pada pertumbuhan janin.

Itulah beberapa ulasan mengenai sesak napas saat hamil. Selama Anda hamil, seringkah mengalami sesak napas? Untuk Anda yang belum pernah hamil, semoga hal di atas bisa membantu Anda dalam memahami kondisi kehamilan.