Mengenali Perbedaan Serum, Emulsion dan Essence

essence-serum-emulsion-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Jika Anda termasuk seseorang penyuka skincare dan rutin melakukan berbagai langkah perawatannya, pasti Anda sudah sering mendengar tentang essence, emulsion dan serum. Untuk Anda yang baru saja terjun ke dunia perawatan kulit, nama-nama tersebut mungkin akan terdengar asing dan sedikit membingungkan. Lalu, apa yang beda dari ketiga skincare tersebut?

1. Serum

Serum biasanya digunakan setelah cleansing atau membersihkan wajah, namun sebelum menggunakan pelembap. Serum memiliki konsentrasi yang ringan dengan manfaaat yang beragam, mulai dari antioksidan untuk digunakan di siang hari atau anti-aging yang baik digunakan sebelum tidur. Meski memiliki tekstur yang ringan, serum memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Serum memiliki konsentrasi formula yang lebih tinggi dan bekerja sesuai dengan masalah kulit Anda.

2. Emulsion

Emulsion memiliki tekstur yang lebih ringan dari cream atau lotion, dan memiliki konsentrasi yang lebih ringan dari serum. Emulsion sering kali merupakan produk yang sempurna untuk mereka dengan kulit berminyak atau kombinasi karena formulanya yang dapat menghidrasi dan melembapkan kulit, namun di saat yang sama tetap memungkinkan kulit tetap bernapas. Jika kulit Anda membutuhkan kelembapan tambahan, emulsion bisa menjadi pilihan.

3. Essence

Dulu essence adalah versi serum dengan tekstur dan konsentrasi yang lebih ringan, namun kini perannya telah terbalik. Seperti halnya bagaimana serum sekarang menjadi lebih ringan dan berair, kini essence menjadi bertekstur kental dan mirip gel. Jadi Anda tidak lagi perlu kapas untuk mengoleskan essence pada kulit Anda.

Setelah memahami semua perbedaan antara serum, emulsion dan essence, kini Anda bisa memilih yang paling baik untuk sesuai kebutuhan kulit Anda. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan ketiganya. Jika Anda memilih menggunakan ketiganya, maka yang harus dioleskan terlebih dulu setelah cleansing dan toner adalah essence, dilanjutkan dengan serum, baru emulsion sebagai langkah terakhir.

Tips untuk Anda, selalu diamkan selama beberapa saat setelah mengoleskan produk agar meresap terlebih dahulu sebelum mengoleskan produk selanjutnya. Selamat mencoba!