Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat sakit kepala datang, beberapa orang akan langsung mengandalkan obat untuk mengatasinya. Walhasil, obat sakit kepala selalu ada di kota obat atau tas agar permasalahan ini biasa diatasi dan aktivitas harian bisa kembali berjalan dengan lancar.

Sering Sakit Kepala, Coba Konsumsi Makanan Ini

Oh ya, selain menggunakan obat yang kadang memiliki efek samping kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak. Saat pusing datang, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini agar segera sembuh.

1. Makanan kaya kadar magnesium
Sakit kepala bisa terjadi karena radikal bebas atau faktor hormonal di dalam tubuh. Kalau Anda sering mengalami sakit kepala karena masalah hormonal, coba konsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium. Untuk mendapatkan magnesium, Anda bisa mengonsumsi pisang, bayam, dan kentang.

2. Buah yang kaya air
Seseorang yang mengalami dehidrasi bisa mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan. Untuk mengatasi sakit kepala ini, Anda disarankan untuk banyak minum air putih serta mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air. Anda bisa mengonsumsi semangka, melon, belimbing, hingga stroberi saat pusing datang.

3. Makanan yang mengandung riboflavon
Riboflavon atau Vitamin B12 ternyata mampu meringankan rasa nyeri saat kepala sedang pusing. Mengonsumsi makanan dengan kandungan riboflavin akan membuat Anda sedikit tidak bergantung dengan obat-obatan pabrik. Untuk mendapatkan manfaat dari riboflavin, Anda bisa mengonsumsi jamur, susu, dan olahannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Makanan dengan CoenzymQ10
CoenzymQ10 adalah antioksidan yang bisa mengurangi rasa sakit kepala dengan cepat dan menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Untuk mendapatkan koenzim ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan seperti tuna, telur, dan sayuran jenis brokoli.

Inilah beberapa makanan yang bisa mengurangi rasa sakit kepala yang kerap dialami oleh tubuh. Jadi, saat nyeri di kepala muncul, jangan langsung mengandalkan obat ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi