Sering Pro Kontra, Bagaimana Sebenarnya Kandungan Gizi Susu Kental Manis?

DokterSehat.Com– Masihkah Anda ingat tentang kasus bayi gizi buruk karena minum susu kental manis? Ada cukup banyak pro kontra tentang susu kental manis, banyak yang beranggapan bahwa susu kental manis sama saja dengan susu biasa. Lalu sebenarnya, bagaimanakah kandungan gizi susu kental manis?

Ada berbagai jenis susu, mulai dari susu cair segar, cair kemasan, susu bubuk dan susu kental manis. Semuanya memang sama-sama merupakan sumber protein, namun jumlah kandungan gizinya ternyata berbeda-beda lo.

Dibandingkan dengan jenis susu yang lain, menurut United States Departement of Agriculture, beberapa kandungan gizi susu kental manis yang berbeda dengan susu lain adalah:

  1. Protein

  2. Dalam 100 gram susu kental manis terdapat 8 gram protein, jika dibandingkan dengan susu bubuk dalam berat yang sama, kandungan protein susu kental manis lebih rendah, karena susu bubuk memiliki 26 gram protein. Dibandingkan dengan susu segar kandungan protein susu kental manis memang lebih tinggi namun jika sama-sama disajikan dalam gelas, maka kandungan gizi susu segar lebih tinggi dari susu kental manis

  3. Gula

  4. Dibandingkan dengan berbagai jenis susu lainnya, susu kental manis memiliki kandungan gula paling banyak yaitu 54 gram gula, susu jenis lain kandungan gulanya tidak mencapai angka 40 gram. Tingginya kandungan gula inilah yang kerap membuat susu kental manis menjadi kontra dengan fungsi susu sebagai sumber protein.

  5. Kalsium dan vitamin D

  6. Kandungan vitamin D dan kalsium yang ada pada susu kental manis lebih tinggi dibandingkan dengan susu segar, namun jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan susu bubuk. Dalam 100 gram susu kental manis terdapat vitamin D dan kalsium sebesar 6 IU dan 284 mg, sedangkan susu bubuk memiliki 20 IU dan 900 mg vitamin D dan kalsium.

Beberapa pakar kesehatan memang tidak menganjurkan susu kental manis sebagai minuman berprotein untuk dikonsumsi, beberapa gangguan mulai dari masalah gigi dan obesitas berisiko terjadi jika susu kental manis dikonsumsi terlalu banyak oleh anak-anak.

Jika dilihat dari kandungan gizinya, susu kental manis lebih dianjurkan penggunaannya untuk susu sebagai bahan dasar produk olahan, misalnya roti atau puding.

Nah, kini Anda sudah tahu apa kandungan gizi susu kental manis, jadi bijaklah dalam memilih dan mengonsumsi susu ya.