Sering Nyeri Panggul? Jangan-Jangan Anda Mengidap Penyakit Ini!

penyebab-nyeri-panggul-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Sebagai wanita, pernahkah Anda mengalami sakit dan nyeri pada bagian panggul Anda? Jika pernah, apakah nyeri tersebut sering datang? Perlu diketahui, ada beberapa jenis penyakit membahayakan bagi wanita yang tidak bisa dikenali gejala-gejalanya secara kasat mata. Sama halnya dengan pertanyaan di atas, sakit pinggul pada wanita ternyata bisa menandakan jika wanita tersebut sedang terancam sebuah penyakit yang cukup mengerikan.

Photo Credit : pexels.com

Mungkin sebagian orang, menganggap nyeri pada pinggul adalah hal biasa yang dikarenakan otot sedang pegal karena aktivitas dan rutinitas setiap hari. Ya, hal tersebut memanglah benar. Namun, apa jadinya jika nyeri tersebut tak kunjung hilang, bahkan muncul lebih sering walau Anda tidak merasa lelah? Anda harus tahu, sakit pada panggul bukan hanya karena faktor kelelahan. Tapi juga karena faktor medis lain yang harus Anda perhatikan.

Menurut penelitian, rasa nyeri yang sering muncul pada panggul bisa disebabkan karena wanita tersebut sedang mengidap penyakit kista. Mengapa bisa demikian? Apa hubungannya kista dan panggul wanita? Bila dijelaskan secara medis, dalam ruang panggul seorang wanita terdapat rahim yang diapit oleh dua ovarium. Nah, ovarium sendiri adalah organ yang fungsinya pembuat sel telur. Lalu, di dalam ovarium ada folikel, yang berfungsi untuk menyimpan sel telur tersebut.

Pada setiap periode menstruasi (setiap bulan), ada sel telur matang yang keluar dari ovarium menuju tuba falopi atau saluran telur. Proses tersebut terjadi atas bantuan berbagai hormon, antara lain estrogen dan progesterone wanita. Lalu, jika folikel tidak bisa melepas sel telur tersebut, maka folikel akan membengkak dan secara bertahap akan menjadi kista.

Setelah proses panjang tersebut, maka tak heran jika panggul merasa sering nyeri jika seorang wanita sedang diancam oleh penyakit berbahaya ini. Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah anggap remeh jika panggul Anda sering nyeri. Segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.