Sering Menangis Tanpa Alasan? Berikut 4 Penjelasannya!

sedih-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Wanita seringkali mengungkap perasaan yang dirasakan dengan cara menangis, baik karena senang, terharu, maupun saat sedang sedih. Oleh sebab itu, wanita sering dijuluki sebagai makhluk paling lemah. Hal tersebut sangatlah wajar, karena wanita lebih sensitif dan emosional dibanding pria.

Jika Anda menangis disebabkan oleh suatu hal, misalkan karena sesuatu yang menyentuh hati Anda atau bahkan karena sedang mengupas dan mengiris bawang, hal tersebut masih masuk akal. Namun, apa jadinya jika Anda menangis secara tiba-tiba tanpa alasan? Menurut para ahli, menangis secara tiba-tiba tanpa alasan bisa menjadi indikasi masalah yang mendasar pada kondisi fisik dan mental. Selain itu, ada beberapa alasan yang membuat Anda menangis tanpa alasan, berikut diantaranya:

1. Stres

Ketika Anda sedang stres yang diakibatkan oleh banyak hal, secara tidak langsung Anda akan merasa sedih dan cemas. Tingkat kesedihan dan kecemasan yang tinggi tersebut membuat Anda menangis secara tiba-tiba. Sebab, dengan menangis Anda akan memunculkan bantuan dan dukungan dari orang lain yang bisa mengurangi beban pikiran Anda.

2. Kondisi Fisik

Alasan mengapa kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh harus terpenuhi adalah agar tubuh selalu sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit. Jika Anda tiba-tiba menangis tanpa alasan, bisa saja disebabkan oleh kondisi fisik Anda yang sedang tidak sehat, misalkan karena kekurangan vitamin, stroke, kadar gula darah rendah, gangguan tiroid, dan penyakit parkinson.

3. Merasa Lelah atau Lesu

Tubuh terlalu lelah dan lesu, ditambah lagi Anda tidak bisa beristirahat dengan cukup di malam hari bisa menyebabkan Anda menangis tanpa alasan. Sebuah studi yang dilakukan di University of Pennsylvania mengungkapkan bahwa tidur secara teratur 4-5 jam bisa berdampak negatif pasa kesehatan. Hal tersebut bisa menyebabkan perubahan suasana hati, iritabilitas dan perasaan sedih.

4. PMS

Seperti yang Anda tahu bahwa menjelang menstruasi, Anda akan mengalami suatu gejala yang disebut dengan PMS. Gejala tersebut membuat seluruh anggota tubuh Anda terasa sakit, terutama perut dan pinggul. Selain itu, PMS juga bisa menyebabkan Anda menangis tanpa alasan. Hal ini dikarenakan perubahan hormonal, kram, kembung, dan sakit kepala yang Anda rasakan selama menstruasi.