Sering Mual dan Muntah Tanda Kanker?

mual-muntah-doktersehat

DokterSehat.Com– Mual dan muntah adalah kondisi kesehatan yang sering kita alami. Saat sedang terkena masuk angin atau kondisi lainnya, kita bisa saja terkena gejala tersebut. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut kondisi mual dan muntah bisa jadi menandakan penyakit yang lebih serius, apalagi jika frekuensinya cenderung cukup sering terjadi. Salah satu penyakit yang menunjukkan gejala sering mual dan muntah adalah kanker usus.

Sekilas tentang kanker usus

Sebagaimana kanker pada umumnya, kanker usus juga termasuk dalam penyakit yang mematikan. Jumlah kasus dari penyakit ini di seluruh dunia juga cenderung semakin meningkat akibat gaya hidup manusia modern yang juga cenderung semakin tidak sehat. Hanya saja, penelitian membuktikan bahwa kasus kanker usus lebih sering terjadi akibat faktor genetik. Faktor ini mempengaruhi sekitar 75 hingga 95 persen total kasus kanker usus di seluruh dunia.

Mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker usus cenderung memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ini hingga 2-3 kali lipat. Selain itu, jika mereka juga terbiasa menerapkan pola makan yang tidak sehat seperti dengan sering mengonsumsi makanan berlemak, tinggi gula, atau makanan berpengawet, maka risiko terkena penyakit ini juga meningkat.

Kanker usus lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Selain itu, mereka yang sudah berusia tua juga cenderung lebih rentan terkena penyakit ini. Hanya saja, jika kita sudah menerapkan gaya hidup tidak sehat di usia dini, maka risiko terkena penyakit ini juga meningkat.

Sering mual dan muntah menandakan penyakit ini?

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, mual dan muntah memang bisa menandakan kanker usus. Menurut pakar kesehatan, hal ini disebabkan oleh adanya tumor di dalam usus yang menyebabkan sensasi tidak nyaman dan gangguan pada sistem pencernaan. Setelah mengonsumsi makanan, maka akan terjadi tekanan pada tumor dan saluran pencernaan yang membuat kita merasakan sensasi sering mual dan muntah. Bahkan, jika tumor ini sudah membesar, tanpa ada makanan pun sudah terjadi tekanan di dalam perut yang akhirnya membuat gejala ini lebih sering muncul.

Beberapa gejala lain dari kanker usus

Selain mual dan muntah yang frekuensinya sering terjadi, pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala lain yang bisa menandakan kanker usus. Gejala-gejala ini terkadang juga terlihat sepele sehingga kita pun cenderung tidak menyadarinya.

Berikut adalah beberapa tanda dari kanker usus.

  1. Penurunan berat badan yang drastis

Keberadaan kanker di dalam usus akan berpengaruh besar bagi keseimbangan hormon dan berbagai zat di dalam tubuh. Hal ini juga akan mempengaruhi sistem metabolisme. Selain itu, bisa jadi proses penyerapan nutrisi makanan akan terganggu. Jika hal ini terjadi, maka berat badan pun akan bisa turun dengan drastis.

  1. Perdarahan pada anus

Selain wasir, kanker usus juga bisa menyebabkan perdarahan pada anus. Apalagi jika kotoran melewati tumor sehingga membuat buang air besar berdarah. Selain itu, penderitanya juga akan merasakan nyeri atau panas saat buang air besar.

  1. Kotoran yang tidak normal

Selain buang air besar yang berdarah, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mewaspadai kotoran yang mengalami perubahan warna, khususnya menjadi lebih cerah atau putih. Hal ini justru menandakan bahwa kanker usus telah berkembang ke fase yang jauh lebih buruk. Tumor di dalam usus sudah sangat besar sehingga mempengaruhi sistem pencernaan sehingga kotoran pun bercampur dengan cairan yang sudah tidak normal.